Digagas Startup Digital Asal Pontianak

TokoKota Hadirkan Produk Beragam dan Bersaing

48
Ilustrasi Industrial Internet of Things / Getty Images

eQuator.co.idPONTIANAK-RK. Startup digital di Kota Pontianak sudah mulai menjamur. Layanannya pun cukup beragam.
Belum lama ini startup berasal dari Kota Pontianak membuat aplikasi TokoKota. Aplikasi ini untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat. TokoKota dinilai cukup bersaing, lantaran dari sisi layanan memberikan nilai tambah bagi penggunanya.
TokoKota merupakan salah satu startup digital yang menawarkan layanan berbelanja secara daring. Berbasis android, aplikasi ini menghubungkan pembeli, kurir dan penjual.
“Sebanyak 90 persen produk-produk yang kita pasarkan dalam aplikasi TokoKota ini. Tentunya ini juga merupakan berbagai produk atau jenis kebutuhan bagi masyarakat yang cukup beragam,” ungkap CEO TokoKota, Riyono, Selasa (3/7).
Pihaknya menggaet beberapa pelaku usaha. Dia meyakini TokoKota juga mampu bersaing di pasaran, khususnya online.
“Hingga dua bulan beroperasi, pengguna aplikasi TokoKota sangat meningkat, sudah mencapai 400-an pengunduh. Sementara jika kita hitung hingga pada saat ini sudah ada 3000-an pengguna, artinya peningkatannya cukup tajam,” terangnya.
Keunggulan lain TokoKota, tak hanya produk sandang. Namun pangan juga dilayani. Seperti kebutuhan bahan pokok (Sembako) dan jenis makanan lainnya.
“Sebelumnya kita memang layani pembelian sayur-sayuran dan lain-lain, namun ini merambah. Kita lakukan melihat dari permintaan pasar yang cukup tinggi. Jadi berbagai produk kita coba tawarkan di sini, seperti aneka kebutuhan bayi, makanan, minuman dan lainnya,” paparnya.
Di samping itu, pihaknya juga membuka peluang seluas-luasnya bagi pelaku UMKM atau distributor yang ingin bergabung.
Untuk bergabung ada ketentuannya. “Pastinya dalam menggunakan aplikasi dalam pengoperasiannya harus dengan baik dan benar,” sebutnya.
Pihaknya menargetkan sebanyak 50-120 pemesanan. Dari angka yang ditargetkan tersebut realiasasinya cukup menggembirakan. Yaitu melebihi dari batas minimun yang ditargetkan.
“Ini diluar ekspektasi kami, yang kami pikir jumlah itu kita hitung dalam kurun waktu setahun, tapi ini belum sesuai target kita sudah melampauinya,” ungkapnya.
Untuk meningkatkan kinerja tersebut, layanan terbaik terus dilakukan TokoKota. Saat ini pihaknya memberikan penawaran terbaik bagi konsumen. Utamanya dari segi harga, produk yang dijual dengan harga grosir, namun dapat dibeli secara eceran.
“Harga ini tentu dapat dimanfaatkan oleh pedagang yang dapat menjalankan bisnis jualan dengan membeli dari produk TokoKota, Saat ini kita masih memberikan gratis ongkos kirim bagi pelanggan, sehingga dengan upaya ini, tentu peningkatan terus menerus berlanjut,” tandasnya. (nov)