Dibangun di Atas Bukit, PLBN Sungai Kelik Diyakini Menjadi yang Terindah se-Indonesia

eQuator.co.id – Sintang. Meski informasi pembangunan fisik baru akan dikerjakan pada Juni 2020 mendatang, namun diyakini Post Lintas Batas Negara (PLBN) di Desa Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, akan menjadi border terindah se-Indonesia.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat PLBN ini akan dibangun di atas bukit. Master plan pembangunannya pun juga akan mengakomodir kearifal lokal dengan desain modern.

Kabag Pengelolaan Perbatasan Setda Sintang, Andon mengatakan, bahwa PLBN di Sintang ini menjadi satu-satunya PLBN se-Indonesia yang akan dibangun di atas bukit.

“PLBN kita akan dibangun di atas Bukit Kelingking. Kenapa indah? Karena dari atas bukit itu, kita bisa melihat hamparan wilayah kita yang begitu indah serta dari sisi alam masih asri. Kita juga bisa melihat hamparan wilayah negara tetangga Malaysia juga,” ujarnya kepada eQuator.co.id, Rabu (27/11/2019).

Kabag Pengelolaan Perbatasan Setda Sintang, Andon

Tak hanya itu, ia juga mengatakan, bahwa Master Plan rancanang fisik PLBN ini akan mengakomodir kearifan lokal, dengan mengangkat rumah betang. Tapi material komponennya atau desainnya akan dibuat moderen.

“Beberapa PLBN yang ada di Kalbar ini, tidak ada yang desainnya seperti itu. Hanya di Sintang, ini salah satu usulan dari Pemda,” terangnya.

Maka dari itu, PLBN Sintang ini diyakini akan menjadi objek wisata juga. “Walaupun nanti tidak belanja, tapi bisa untuk selfie-selfie di sana. Karena pemandagannya indah,” pungkasnya. (pul)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!