Desa Sungai Asam Wakili Kubu Raya Lomba P2WKSS

450
Kades dan Warga Sungai Asam menyambut kedatangan wakil Bupati Kubu Raya dan Rombongan. Syamsul Arifin

eQuator – Desa Sungai Asam, Kecamatan Sungai Raya, terpilih mewakili Kabupaten Kubu Raya dilomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Kalimantan Barat 2015.

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan, melalui programnya P2WKSS, salah satunya diharapkan perempuan tidak lagi menjadi beban ataupun objek pembangunan. “Tetapi, perempuan harus dapat sebagai pelopor, motivator ataupun subjek pembangunan,” katanya, Rabu (25/11) di Desa Sungai Asam.

Menurut Hermanus, P2WKSS merupakan program strategis yang bertujuan untuk meningkatkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia termasuk di dalamnya anak dan remaja, melalui peningkatan kemandirian keluarga serta ketahanan mental dan spiritual wanita. “Kita harapkan agar program ini membawa dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat di sekitrnya baik dari pertumbuhan ekonomi, inovasi dan kreativitas masyarakat, serta semangat masyarakat untuk berkarya dan menciptakan ide serta gagasan-gagasan kreatif dan solutif bagi perekonomian masyarakat,” ujar Hermanus.

Sementara itu, Sumardi, Kepala Desa Sungai Asam,  menuturkan kriteria penilaian lomba P2WKSS meliputi kelengkapan administrasi, adanya peningkatan peranan wanita, adanya pertumbuhan nilai ekonomi, adanya perubahan pola sikap dan pola tindak yang lebih baik setelah adanya program P2WKSS. Dirinya pun merasa bangga Pemerintah Kabupaten menunjuk Desa Sungai Asam sebagai Wakil Kubu Raya di tingkat Provinsi Kalbar. “Ini setelah sungai asam menjadi yang terbaik dalam P2WKSS tingkat Kabupaten Kubu Raya tahun 2015,” ujarnya.

Sumadi menambahkan, tim Penilaian P2WKSS yang diketuai oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalbar sempat menyatakan pada prinsipnya pelaksanaan P2WKSS di Desa Sungai Asam cukup bagus. “Diharapkan program dapat terus berjalan meski lomba telah usai,” ungkapnya.

“Program P2WKSS merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan yang berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga yang sehat dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa dengan wanita sebagai penggeraknya,” timpalnya.

Laporan: Syamsul Arifin

Editor: Arman Hairiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here