Desa Sidomulyo Juara Umum MTQ ke VI Nanga Pinoh 2017

PENYERAHAN PIALA. Camat Nanga Pinoh, Daniel menyerahkan piala kepada juara MTQ ke VI Tingkat Kecamatan Nanga Pinoh, di Desa Sidomulyo, Minggu (30/7) malam. Dedi Irawan-RK

eQuator.co.id – Nanga Pinoh-RK. Tuan rumah Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VI Tingkat Kecamatan Pinoh 2017, Desa Sidomulyo sukses menjadi Juara Umum. Disusul Desa Nusa Pandau, Paal dan Kebebu.

“Dalam perlombaan pasti ada yang menang dan kalah. Kepada kafilah yang meraih juara hendaknya bisa meningkatkan lagi kemampuannya, agar bisa menang di MTQ Tingkat Kabupaten Melawi di Kecamatan Belimbing Hulu dan bisa mewaliki Melawi di tingkat Kalbar,” kata Daniel, Camat Nanga Pinoh ketika menutup MTQ ke VI Tingkat Kecamatan Nanga Pinoh 2017, di Desa Sidomulyo, Minggu (30/7) malam.

Sementara bagi kafilah yang beruntung, kata Daniel, diharapkan terus belajar. Sehingga pada pelaksaan MTQ berikutnya bisa meraih kemenangan. “MTQ berikutnya yang menjadi tuan rumah Desa Paal,” ungkapnya.

Sejak menjadi Camat Nanga Pinoh, Daniel mengaku MTQ di Desa Sidomulyo ini yang terbaik. “Dengan keterbatasan dana, panitia lokal Sidomulyo mampu mendirikan tempat pelaksanaan MTQ ini tergolong megah, arenanya tertata rapi dan bersih. Saya berharap MTQ ke VII 2019 nantinya lebih baik lagi dari saat ini,” harapnya.

Menurut Daniel, tanpa partisipasi bersama, kegiatan ini tidak akan berjalan lancar. Terutama kerjasama Dewan Hakim, Panitia serta seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi aktif membantu pelaksanaan MTQ ini. “Saya sangat terharu dan bangga atas lancarnya pelaksanaan MTQ ini,” katanya.

Senada juga disampaikan Anggota DPRD Melawi,Taufik. Dia berharap, baik juara maupun yang belum beruntung dalam MTQ Tingkat Kecamatan Nanga Pinoh ini terus mendapatkan pembinaan di desa masing-masing.

“Sehingga generasi-generasi muda ini dapat mengukir prestasi di perlombaan-perlombaan di tingkat yang lebih tinggi lagi nantinya. Bukan hanya dapat mengharumkan nama keluarga, tetapi juga daerah Melawi secara umum,” kata Taufik.

Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Melawi ini mengingatkan, MTQ ini merupakan salah satu cara mengarahkan pemuda kea rah yang lebih baik. “Agar pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa, dapat menghindari kenakalan remaja seperti narkoba dan kriminalitas lainnya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia MTQ ke VI Tingkat Kecamatan Nanga Pinoh 2017 yang juga Kepala Desa Sidomulyo, Sugimiarto menyampaikan terima kasihnya atas partisipasi semua pihak. Terlebih kepada Pemerintah Kecamatan Nanga Pinoh yang telah memberikan dukungan maksimal. “Hingga MTQ ini berjalan aman, lancar dan sukses,” katanya.

Mewakil panitia dan warga Sidomulyo, Sugimiarto menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh kafilah sekiaranya ada pelayanan yang kurang menyenangkan.

“Apa yang kami perbuat dalam menyelenggarakan acara MTQ ini, semoga mendapat berkah, dan kita ambil hikmah yang positifnya untuk terus menguatkan iman dan takwa kita kepada Allah Swt,” ujar Sugimiarto.

Menurutnya, MTQ ini bukan sebatas mencari pemenang. Tetapi juga memperkuat silaturrahmi antara sesama umat Islam dan umat beragama lainnya. “Semoga kita dapat menggalakkan baca Alquran di Kecamatan Nanga Pinoh khususnya dan Kabupaten Melawi pada umumnya,” harap Sugimiarto.

 

Laporan: Dedi Irawan

Editor: Mordiadi

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!