Demam Stiker Kendaraan

7

eQuator.co.id –  PEMILIK kendaraan baik mobil maupun sepeda motor di Indonesia, tengah dilanda demam stiker dan kaca film. Banyak ditemukan pemilik mobil maupun sepeda motor yang memasang stiker atau kaca film di kendaraannya dengan berbagai macam alasan.

Di Kalbar, demam stiker juga menjalar ke banyak daerah. Termasuk di Kabupaten Sekadau maupun daerah perhuluan Kalbar lainnya. Kendaraan yang dipasangi stiker pun bermacam-macam. Untuk mobil, mulai dari kendaraan mewah, angkutan umum, hingga kendaraan angkutan barang. Mulai dari jenis truk, hingga jenis pikap.

Sementara untuk jenis sepeda motor, stiker juga sering dipakai. Apalagi untuk sepeda motor yang memiliki komunitas, seperti komunitas trail, moge maupun komunitas sepeda motor lainnya.

Tak heran, saat ini banyak ditemukan tempat usaha pemasangan stiker dan kaca film mobil. Untuk di daerah Kota Sekadau saja, jumlahnya mungkin sudah lebih dari lima tempat yang siap melayani pelanggan kapan saja.

Salah satunya, Rifky Stiker yang berada di Jalan Sekadau-Sintang (Merdeka Timur) KM 9. Meski baru beberapa bulan beroperasi, namun tempat pemasangan stiker tersebut sudah memiliki banyak pelanggan.

“Kita melayani pemasangan stiker dan kaca film,” ucap Dede, pengelola Rifky Stiker kepada Rakyat Kalbar, belum lama ini.

Menurut Dede, stiker di tempat usaha miliknya bermacam-macam. Ada yang bergambar, baik gambar manusia, rumah ibadah, logo keagaaman dan lainnya. Ada juga logo brand atau merek tertentu.

Ada juga stiker yang berbentuk tulisan. Lazimnya, tulisan itu melambangkan sesuatu merek barang, klub sepak bola maupun tulisan yang memang dipesan khusus oleh pemasang, seperti nama pemilik, merek toko dan lainnya.

Ada juga yang memasang stiker polos tanpa tulisan atau warna-warni saja. Hanya saja, bentuk stikernya bisa disesuaikan dengan keinginan pemasang. Demikian juga dengan lokasi pemasangannya.

“Untuk stiker, rata-rata bahannya menggunakan skotlet. Warnanya pun bervariasi sesuai dengan keinginan pelanggan,” ucap Dede.

Untuk stiker berbahan skotlet, dihargai beragam. Untuk yang standar, harga per meternya sekitar Rp40 ribu. “Untuk ongkos pemasangannya, juga beragam. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah,” bebernya.

Sementara untuk kaca film atau reben, kebanyakan dipesan oleh pemilik kendaraan pribadi. Ketebalan dari reben sendiri bervariasi mulai dari ukuran 30 hingga ukuran 100 yang semakin besar ukuran semakin gelap.

Kusnadi, salah seorang pemilik kendaraan mengaku sering memasang stiker dan kaca film mobilnya di Rifky Stiker. “Saya memang sudah langganan di tempat ini,” kata Kusnadi.

Menurutnya, stiker yang dipasang memiliki daya tahan yang berbeda-beda. “Biasanya bisa tahan mulai dari tiga hingga lima tahun,” tukas Kusnadi.

Laporan: Abdu Sukri

Editor: Ocsya Ade CP