Dekorasi Interior dengan Biaya Terbatas

Oleh: Andrea Safitri, ST

ilustrasi : internet

eQuator.co.id – Rumah atau perumahan pada masa kini semakin banyak yang mengadopsi konsep desain minimalis. Salah satu faktornya, ketersediaan lahan yang semakin terbatas untuk membangun suatu unit rumah.

Namun bukan menjadi alasan untuk membatasi keinginan mendekorasi interior rumah sesuai yang diimpikan. Desain yang tepat bisa memberikan kesan menarik, meskipun ruangan tidak terlalu lebar. Bahkan untuk desain ruangan yang bisa dibilang ‘murah’, tetap bisa membawa kesan menarik pada ruang yang terbatas, apabila ditangani dengan cara yang tepat.

Bagi anda yang memiliki tipe hunian minimalis, kemudian berkeinginan mendekorasi interior rumah dengan biaya terbatas, mungkin dapat mengikuti tips-tips berikut ini:

Rencanakan Dengan Matang

Sebelum memulai mendekorasi interior rumah, anda harus memiliki perencanaan yang matang, bagaimana desain interior yang diinginkan. Tentukan gaya apa yang diusung, warna dinding yang akan digunakan, perabotan apa yang dibutuhkan serta di mana anda akan meletakkannya dan lain sebagainya.

Rincikan apa saja yang akan anda butuhkan, serta berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk mendekorasi interior. Jika perhitungan melebihi budget yang dimiliki, jangan berkecil hati. Anda bisa menemukan alternatif pilihan barang yang dimiliki dengan harga lebih murah. Anda harus sabar dan lebih teliti dalam memilih barang yang akan dibeli.

Aplikasi Cat Putih

Cara termudah dan termurah yang dapat anda lakukan untuk mengecat setiap ruangan, dengan menerapkan cat putih. Warna putih akan selalu menjadi pilihan banyak orang, entah untuk bagian eksterior maupun interior, tidak terkecuali juga dinding dalam rumah.

Alasan menggunakannya, tentu berbeda untuk setiap orang. Tetapi yang pasti mengaplikasikan warna putih cukup memberi manfaat untuk bagian interior rumah anda.

Cat putih dikenal sebagai warna netral yang cocok dijadikan latar belakang sebuah ruangan. Menetralisir latar belakang dinding dengan cat putih dapat memungkinkan furnitur dengan pola dan warna apapun dan mampu berbaur di dalam ruangan tersebut.

Warna putih juga tidak akan cepat menimbulkan rasa jenuh pada pemilik rumah. Apabila sewaktu sang pemilik rumah ingin mendekorasi interiornya, hanya perlu mengganti furnitur yang mereka miliki tanpa harus repot-repot menyesuaikan dengan warna dinding.

Nuansa Netral Pada Furnitur Ukuran Besar

Untuk mendekorasi interior yang terjangkau namun tetap menarik, anda dapat memilih warna-warna dengan nuansa netral, seperti coklat, krem, abu-abu dan hitam pada furnitur-furnitur yang berukuran besar. Furnitur-furnitur berukuran besar yaitu seperti sofa, kasur, meja makan dan lain sebagainya.

Menghindari kesan monoton pada ruangan, anda dapat menambah warna dan pola eksentrik pada hal-hal yang dapat dengan mudah diganti, jika anda merasa bosan. Benda-benda tersebut dapat berupa bantal dekoratif, selimut, karya seni, bahkan setumpuk buku berwarna-warni.

Hias Lantai dengan Karpet

Apabila anda merasa bahwa lantai rumah terasa kosong, bahkan mengalami pecah atau retak, juga terdapat noda yang tidak dapat dihilangkan, maka tidak perlu mengganti lantai atau merombaknya dengan lantai yang baru. Anda dapat mensiasati bagian lantai tersebut dengan cara menutupinya menggunakan karpet berukuran lebar. Karpet tersebut akan menutupi kekurangan pada bagian lantai rumah anda, serta akan memberikan kesan mewah pada ruangan.

Carilah karpet dengan motif ataupun yang terbuat dari bulu. Sesuaikan dengan warna lantai rumah anda. Cara ini tentunya akan lebih menghemat biaya yang perlu anda keluarkan untuk mendekorasi interior rumah, apabila dibandingkan dengan keharusan untuk merombak ulang lantai rumah anda.

Cermin untuk Cahaya Tambahan

Solusi mendekorasi interior rumah minimalis dengan biaya terbatas lainnya, cobalah menggunakan cermin. Cermin akan lebih menguntungkan dan relatif terjangkau, daripada anda membeli lukisan atau barang-barang dekoratif dinding dengan harga yang mahal.

Tambahkan saja cermin dengan ukuran yang besar pada dinding rumah anda. Hal ini akan memberikan efek lebih luas seara visual pada ruangan minimalis anda.

Keuntungan lainnya, cermin juga mampu memberikan pantulan cahaya dari lampu, sehingga anda tidak perlu membeli lampu hias yang mahal untuk penerangan. Apalagi menggunakan terlalu banyak jumlah lampu sebagai penerangan. Anda tentunya akan turut serta melakukan aksi hemat listrik dan berguna pula untuk menekan biaya penggunaan listrik di rumah anda.

Bila anda mengaplikasikan cermin di interior rumah anda, sebaiknya menghindari meletakkan terlalu banyak furnitur yang kurang penting, atau hanya sebagai hiasan di sekitar area cermin tersebut. Hal ini diperlukan supaya ruang yang minimalis tersebut tidak terkesan penuh.

Tips-tips tersebut merupakan bagian alternatif yang dapat anda coba, apabila memiliki rencana untuk untuk mendekorasi interior rumah minimalis dengan biaya terbatas. Semoga Anda dapat mendekorasi interior rumah anda dengan harga murah, tapi tidak terkesan murahan. Selamat mencoba! (*)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!