Deklarasi Damai Menuju Pemilu Berkualitas

7
DEKLARASI. Sejumlah pihak sepakat menciptakan suasana yang aman, damai, sejuk dan kondusif dalam pelaksanaan Pemilu 2019--Suhendra

eQuator.co.id – Singkawang-RK. Polres Singkawang menggelar Deklarasi Damai Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Singkawang Cultural Center, Kamis (25/10). Tujuannya, agar tahapan pelaksanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif dapat berlangsung aman dan damai.

“Deklarasi ini diselenggarakan untuk menciptakan suasana yang aman, damai, sejuk dan kondusif saat mulai tahap kampanye,” ujar Kapolres Singkawang, AKBP Raymond Marcelino Masengi kepada sejumlah wartawan, Kamis siang.

Menurutnya, deklarasi ini dilakukan dengan melibatkan semua elemen baik dari Pemerintah Kota Singkawang, Forkompinda, penyelenggara Pemilu, tokoh masyarakat, pemuda dan partai pokitik dan para calon legislatif (caleg).

“Kita bersepakat bahwa untuk Kota Singkawang semua dilaksanakan sesuai aturan dengan tujuan untuk menciptakan situasi Pemilu sesuai tahapannya yang aman damai dan kondusif,” ujarnya.

Raymond optimis bahwa Pemilu 2019 di wilayah Kota Singkawang dapat terselenggara dengan aman, damai dan kondusif. “Kami menjamin keamanan pelaksanaan kegiatan Pemilu,” katanya.

Dia mengungkapkan, pihaknya juga akan menempatkan personel di beberapa titik rawan Pemilu. Saat ini, sambungnya, hujan sering turun. Sehingga dapat menyebabkan banjir dan mengganggu aktivitas Pemilu.

Ia mengimbau, masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi Kota Singkawang yang toleran ini dalam pelaksanaan Pemilu. Mulai dari tahap kampanye, masa tenang, pencoblosan dan perhitungan sampai dengan penetapan hasil. “Semuanya harus terlibat sehingga suasana aman kondusif. Jika ada hal-hal yang merasa dirugikan, silakan gunakan jalurnya sendiri. Jangan mengganggu situasi Kota Singkawang yang umumnya aman ini,” katanya. (hen)