Catut Nama Fahri dan UAS untuk Dukung Jokowi

19
HOAX

eQuator.co.id – SEPANJANG hari Minggu (22/7), banyak meme yang bertebaran terkait Fahri Hamzah. Isinya tentang dukungan politikus PKS tersebut untuk Joko Widodo maju kembali dalam Pilpres 2019. Selain Fahri, pesan serupa menyerang Ustad Abdul Somad (UAS).

“FADLI ZON ‘SYOK BER4T TIBA2 FAHRI HAMZAH DUKUNG JOKOWI.” Begitu isi meme yang memuat gambar Fadli Zon dan Fahri Hamzah tengah mengapit foto Jokowi. Meme berasal dari blog netnewsindonesia.blogspot.com.

Ketika link tersebut diklik, jangan kaget kalau banyak tulisan-tulisan aneh di dalamnya. Beberapa tulisan bahkan tidak ada beritanya. Hanya judul disertai embed video dari YouTube. Begitu juga link dan video yang menyertai meme tentang Fahri dan Fadli Zon. Isi videonya kontradiktif dengan judulnya.

Dalam video itu Fahri justru membahas kekuatan oposisi menghadapi pemerintah saat ini. Menurut dia, kekuatan oposisi tidak bisa ala kadarnya kalau ingin menghadapi incumbent. Bahkan, pada menit 1.55, kader PKS tersebut jelas mengatakan tidak akan merapat ke Jokowi. Pernyataan itu dilontarkan setelah ada pertanyaan dari media.

”Karena saya menganggap Jokowi ada masalah yang belum dia selesaikan. Yang jelas, menurut saya, arah bangsa kita ini rusak di tangan Pak Jokowi. Arahnya rusak. Arah ideologinya, arah politiknya, arah ekonominya, arah budayanya,” ujar Fahri. Bahkan, Fahri menegaskan bahwa tidak ada yang didukung juga tidak apa-apa. Dia tetap tidak akan mendukung Jokowi.

Kabar tentang Fahri mendukung Jokowi juga ada di situs kataku.pw. Mereka membuat tulisan berjudul, ”Fahri Hamzah: Kini Saya Sadar Sosok Seperti Bapak Jokowi Lah Yang Cocok Menjadi Presiden NKRI.”

Hari Minggu itu juga, blog kataku.pw sudah tidak bisa diakses. Namun, berdasar penelusuran lewat Google Webcache, tulisan tentang Fahri mendukung Jokowi tersebut masih bisa dibaca. Ternyata sumber tulisan itu berasal dari portal TeropongSenayan.com.

Dalam tweet-nya, Fahri menduga kabar itu ditujukan untuk melemahkan dukungan kader PKS kepada dirinya. ”Saya kira ini kolaborasi intel dalam dan luar. Tujuannya melemahkan semangat kita semua.. Lawan!” tulis Fahri.

Bukan hanya Fahri yang diserang hoax terkait dukungannya untuk Jokowi. Kemarin juga bertebaran meme yang menyebutkan Ustad Abdul Somad mendukung Jokowi. ”Sependapat Dengan TGB (Tuan Guru Bajang), Ustad Abdul Somad Ikut Dukung Jokowi 2 Periode.” Begitu bunyi tulisan dalam meme tersebut.

Melalui akun Instagram-nya, UAS membantah kabar tersebut. Dia menyebut tak pernah memberikan pernyataan seperti dalam meme itu. ”Yang menyebarkan info hoax suruh mereka carikan bukti. Setiap ada penggalan pernyataan UAS yang dibuat dalam bentuk meme, kalau itu benar, pasti bisa ditemukan buktinya dalam bentuk video. Ada ribuan video UAS di YouTube yang bisa membuktikannya,” tulis akun resminya di Instagram @ustadabdulsomad. (Jawa Pos/JPG)

Fakta: Tak ada pernyataan Fahri Hamzah dan Ustad Abdul Somad terkait dukungannya untuk Jokowi. Mereka menyebut kabar tersebut hoax.