#Cari_Aman Saat Berkendara di Musim Hujan? Asmo Kalbar Berikan Tipsnya

eQuator.co.id-Pontianak. Musim hujan telah tiba, dan dengan cuaca yang seringkali tidak terduga di Kota Pontianak, penting bagi pengendara untuk memahami dan mengikuti tips #Cari_Aman saat berkendara di bawah hujan.

Febri Andrian, instruktur Safety Riding dari Astra Motor Kalimantan Barat, berbagi beberapa nasihat berharga untuk meningkatkan keselamatan selama musim hujan.

Menggunakan tagar #Cari_Aman, Febri Andrian ingin mengingatkan pengendara untuk selalu menjaga keselamatan sebagai prioritas utama di jalan raya. “Musim hujan dapat menciptakan tantangan yang berbeda saat berkendara, dan dengan tips ini, kita dapat mengurangi risiko dan menjaga diri kita dan pengguna jalan lainnya aman,” katanya.

1. Rencanakan Perjalanan Anda:

Sebelum Anda memulai perjalanan, periksa perkiraan cuaca dan kondisi jalan raya. Rencanakan perjalanan Anda dengan mempertimbangkan waktu ekstra yang mungkin diperlukan untuk tiba di tujuan.

2. Periksa Kendaraan Anda:

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik. Periksa ban, rem, lampu, dan sistem kelistrikan secara berkala. Ban yang licin dapat menjadi masalah serius saat hujan turun.

3. Kurangi Kecepatan:

Kurangi kecepatan Anda sesuai dengan kondisi jalan yang licin. Berikan jarak yang cukup antara kendaraan Anda dan kendaraan di depan untuk menghindari tabrakan. Pengereman tiba-tiba harus dihindari.

4. Hidupkan Lampu Kendaraan:

Hidupkan lampu kendaraan Anda, terutama saat hujan turun dengan intensitas tinggi. Ini akan membantu pengendara lain melihat Anda dengan lebih jelas.

5. Hindari Genangan Air:

Berhati-hatilah terhadap genangan air di jalan. Genangan air dapat menyebabkan hilangnya kendali atas kendaraan Anda. Hindari genangan air jika memungkinkan atau lewati dengan kecepatan rendah.

6. Perhatikan Marka Jalan:

Marka jalan sering kali tidak terlihat dengan jelas saat hujan deras. Selalu perhatikan arah jalan dan tanda-tanda lalu lintas. Tetap berada dalam jalur yang benar.

7. Kenakan Pakaian Pelindung:

Pastikan Anda mengenakan pakaian pelindung seperti jaket tahan air dan helm yang sesuai. Ini akan membantu Anda tetap kering dan aman selama berkendara.

Gangga Nanda Adi Surya selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat¬† juga turun menekankan, “Ketika Anda menggunakan tagar #Cari_Aman, Anda memberikan kontribusi positif untuk keselamatan berkendara. Mari bersama-sama menjaga diri kita dan orang lain di jalan raya selama musim hujan dengan berbagi tips ini.”

Astra Motor Kalimantan Barat dan Febri Andrian mengingatkan kepada seluruh pengendara di Kota Pontianak dan sekitarnya untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas, tidak mengemudi dalam keadaan mabuk, dan menjaga kecepatan yang aman. Keselamatan adalah tanggung jawab bersama kita.

#Cari_aman sendiri merupakan selogan keselamatan berkendara dari Honda, memberikan pemahaman tentang pengetahuan peraturan lalu lintas, teknik dasar berkendara, hingga memprediksi bahaya ketika berada di jalan serta mengutamakan perlengkapan berkendara diantaranya seperti Helm, Jaket, Sarung tangan, Celana Panjang, dan Sepatu. (Ova) rilis