Cara Baru Pemerintah Sampaikan Informasi

Wakil Bupati Sambas, Dr Pabali Musa MAg membuka Sosialisasi e-Government di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

eQuator – Sambas. Electronic government (e-Government) merupakan cara baru pemerintah menyampaikan informasi kepada publik. Tidak hanya gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, akses pendidikan, pengambilan kebijakan dan investasi, juga sarana baru dalam menerima keluhan masyarakat.

Begitu paparan Wakil Bupati Sambas, Dr Pabali Musa MAg saat membuka Sosialisasi e-Government di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, belum lama ini. “Cara ini sebagai bentuk kepercayaan publik ke pemerintah, karena yang diharapkan publik adalah transparansi dan pelayanan yang baik dari pemerintah,” paparnya.

Namun, jelas Wakil Bupati Sambas, tidak semua proses kerja dapat ditransformasi ke dalam sistem elektronik, karena ada beberapa yang masih harus menggunakan sistem manual, tetapi ada sebagian besar lainnya yang dapat dikerjakan dengan lebih cepat, efektif dan efisien melalui penerapan sistem elektronik sehingga masih sangat efektif. “e-Government nantinya akan mudah membantu masyarakat mengenai informasi Pemerintah Kabupaten Sambas,” jelasnya.

Pabali menambahkan, beberapa contoh fungsi kepemerintahan yang penyelenggaraannya dapat dibantu melalui sistem elektronik, seperti pelayanan masyarakat untuk Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), perizinan online, pajak online, kepegawaian, sistem informasi kepegawaian online, pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan aset, dan pengelolaan administrasi perkantoran secara elektronik. “Melalui e-Government diharapkan segala informasi pemerintah dapat diketahui publik,” ungkapnya. (edo)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.