Cak Imin: Banyak Kejadian di Luar Perkiraan Kita

96

eQuator – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengingatkan semua elemen bangsa agar bersiap menghadapi kejadian-kejadian di luar perkiraan.

Itu disampaikannya ketika membuka Sosialiasi Empat Pilar MPR RI yang digelar Fraksi PKB MPR RI, di Ancol, Jakarta, Sabtu (14/11).

Sosialisasi Empat Pilar merupakan sarana persiapan untuk menghadapi perubahan global yang cepat dan di luar jangkauan perkiraan manusia,” katanya.

Muhaimin menyebut, banyak kejadian di luar perkiraan. Ia menyinggung rentetan teror maut di Paris, Perancis, pada Jumat malam (13/11). Menurutnya, tak diduga Perancis bisa didera masalah keamanan seperti yang terjadi di Pakistan. Padahal, Perancis adalah negara yang sangat ketat dalam pengamanan.

Muhaimin juga mengungkapkan, fenomena di luar nalar lainnya, di mana negara-negara timur tengah yang identik dengan negara Islam dan kaya minyak, tidak mampu menciptakan kesejahteraan dan kemanusiaan. Padahal, kekayaan yang ada di timur tengah mampu menggerakkan roda perekonomian di Eropa.

“Tak setetes minyak pun yang bisa mensejahterakan rakyat,” ujar politisi yang akrab disapa dengan Cak Imin ini.

Dia pun menyebut, saat ini bangsa Indonesia sedang alami krisis identitas karena tergerus oleh ketidakberdayaan. Ia mencontohkan betapa sering seorang presiden diolok-olok. “Ambisi nafsu menghapuskan etika komunikasi,” ujarnya.

Untuk itu, tambahnya, perlu ditekankan agar semua orang mengambil peran membangun tali persatuan. Karena, krisis yang terjadi diakibatkan hal-hal yang terkecil.

Ia mengajak, semua pihak membenahi cara pandang dalam melihat informasi serta mempersiapkan infrastruktur penopang untuk menyambut masa depan. Dirinya menekankan pentingnya menjaga persatuan dan melakukan peran yang sangat menentukan dengan kreatif. (rmol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here