Bupati: Jalankan Tugas Sesuai Visi dan Misi

Pelantikan 19 Kepala Desa

32
Pelantikan Kades. Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali melantik 19 Kades hasil Pilkades Serentak 2017 masa bakti 2018-2024 di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (24/1). Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Kubu Raya–RK. Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali melantik 19 kepala desa (Kades) yang terpilih dalam Pilkades Serentak 2017 masa bakti 2018-2024 di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (24/1).

“Selamat kepada kepala desa yang sudah dilantik. Tentu besok sudah mulai bekerja. Terutama bekerja sesuai dengan apa yang dijanjikan serta diimplementasikan agar masyarakat puas,” ucap H Rusman Ali.

Bupati berharap, Kades dapat meningkatkan peranan serta fungsi di masing-masing desa termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sehingga ke depan tahapan pembangunan yang akan dilakukan pemerintah desa dapat berjalan dengan baik dan terarah.

Dalam kesempatan itu, H Rusman Ali mengingatkan agar kades tetap menjaga keharmonisan serta saling berkoordinasi dengan BPD. Itu penting demi kelancaran pengimplementasian program pembangunan desa. “Bagaimana pun kalau tidak didukung BPD tentu susah untuk implementasi ke perangkat desa di tingkat bawah,” tegasnya.

Demikian halnya dengan istri masing-masing kades, Bupati menekankan, semuanya harus mendukung kegiatan positif yang dilakukan suami yang kini memiliki tanggungjawab kepada masyarakat.

“Kita harus ada koordinasi dan kerja sama satu sama lain. Kita berharap kepala desa lebih sering terjun langsung ke lapangan guna memahami keperluan di lapangan,” ulasnya.

Selain itu, H Rusman Ali menambahkan, kades harus menjalankan program sesuai visi dan misi yang telah disampaikan saat berkampanye yang harus direalisasikan.

“Pekerjaan kepala desa sangat berat, sehingga diperlukan koordinasi yang baik antarperangkat maupun BPD. Jumlah ADD per desa paling sedikit Rp1,6 miliar. Pencairannya per tiga tahap. Saya minta ADD agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Untuk pembangunan yang benar-benar menyentuh masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Parit Baru, Musa Abdul Hamid mengatakan, dirinya akan melaksanakan sejumlah langkah strategis untuk membangun desa agar jauh lebih baik dari periode sebelumnya. Tahun ini, pihaknya akan memanfaatkan BUMDes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Salah satunya akan menganggarkan dana untuk usaha pertanian, sehingga nanti akan dikemas per 10 kg untuk masyarakat lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Desa Kubu Raya, Nursyam Ibrahim menuturkan, semua desa harus mengetahui aturan main, sehingga pembangunan sesuai aturan.

“Intinya Dana Desa itu untuk pembangunan dan mensejahterakan masyarakat terutama meningkatkan ekonomi,” ujar Nursyam Ibrahim.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe