Bunga Terbesar di Dunia Muncul di Sekadau

274
Swafoto: Warga saat berswafoto dengan bunga Rafflesia yang muncul di Dusun Pangkin, Desa Mungguk, Sekada Hilir, Senin (23/7)--Abdu Syukri
Swafoto: Warga saat berswafoto dengan bunga Rafflesia yang muncul di Dusun Pangkin, Desa Mungguk, Sekada Hilir, Senin (23/7)--Abdu Syukri

eQuator.co.id-Sekadau. Bunga Amorphophallus Titanum, salah satu jenis bunga terbesar di dunia muncul di Dusun Pangkin, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir. Kemunculan bunga tersebut menarik perhatian warga sekitar.

“Tumbuhnya sudah ada sebulan ini lah,” kata Aswanto, Kepala Dusun Pangkin kepada eQuator.co.id di lokasi tumbuhnya bunga itu.

Awal kemunculannya, kata Manto, bunga yang sering disebut bunga bangkai itu masih kecil. “Tapi makin lama makin besar,” ulasnya.

Meski belum sepenuhnya mekar, namun bunga itu sudah lebih tinggi dari ukuran manusia pada umunya. Tingginya diperkirakan sudah mencapai lebih dari 1,65 meter.

“Mungkin sekitar dua atau tiga hari lagi sudah mekar sempurna. Tapi sekarang sudah tinggi dari badan saya,” tegas lelaki bertinggi badan 162 CM tersebut.

Saat ini beberapa warga sudah berdatangan ke lokasi. Mereka penasaran untuk melihat langsung seperti apa wujud asli bunga yang hanya ada di Indonesia itu.

Terlebih bunga itu berada tak jauh dari perkampungan warga. Jalan akses menuju lokasi pun bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat. (bdu)