Bukan Wali Kota atau Gubernur Meksiko yang Ditampar Trump

20
HOAX

eQuator.co.id – HOAX soal Presiden Amerika Serikat Donald Trump berikut masih sebatas menyebar dalam bahasa Inggris. Namun, tak tertutup kemungkinan bakal ada versi bahasa Indonesia-nya. Ya, kali ini menyangkut sebuah video yang menyebutkan bahwa Trump menampar wali kota Mexico City.

Beberapa hari terakhir, video itu banyak tersebar di YouTube. Dalam video tersebut, tampak Trump menampar seorang pria. Ada yang menyebut pria itu merupakan wali kota Mexico City. Tapi, ada juga yang menyebutnya sebagai governor of Mexico. Mungkin yang mendasari tersebarnya hoax tersebut adalah hubungan dua negara bertetangga itu yang sedang panas.

Faktanya, pria yang ditampar Trump sama sekali tidak berkaitan dengan pejabat di Meksiko. Pria dalam video tersebut ternyata Direktur Eksekutif World Wrestling Entertainment (WWE) Vince McMahon.

Video itu sebenarnya bukan barang baru. Dari data Getty Images, yang tergambar dalam video tersebut merupakan rangkaian acara konferensi pers untuk WrestleMania 23 yang dihelat di Trump Tower, New York, pada 28 Maret 2007.

”Donald Trump menampar Vince McMahon di Donald Trump and World Wrestling Entertainment News Conference untuk WrestleMania 23 di Trump Towers, New York, New York, pada 28 Maret 2007,” bunyi caption video milik Getty Images.

Dalam video itu, Trump memang menampar McMahon. Tamparan tersebut mendarat di pipi McMahon karena sepertinya mereka terlibat saling ejek. Namun, sepintas tamparan itu hanyalah drama. Beberapa bloger Amerika juga curiga adegan tersebut dilakukan hanya untuk memeriahkan acara.

”Tentu saja itu semua bagian dari pertunjukan. Apa kamu masih tidak tahu bahwa gulat itu palsu?” tulis pemilik blog jj-jack.blogspot.com dalam tulisan yang diunggahnya pada 30 Maret 2007.

Seperti dikutip dari prowrestling.wikia.com, Trump selama ini memang akrab dengan dunia olahraga banting-bantingan tersebut. Dia dikenal sebagai fans World Wrestling Entertainment atau WWE. Trump pernah menyelenggarakan acara WrestleMania di Trump Tower.

Selain adegan menampar itu, Trump pernah mencukur rambut McMahon. Sebab, Trump dan McMahon bertaruh. Karena pegulat jagoan McMahon kalah, akhirnya Trump mencukur gundul bos WWE tersebut. (Jawa Pos/JPG)

Fakta: Pria yang ditampar Donald Trump dalam video adalah Direktur Eksekutif World Wrestling Entertainment (WWE) Vince McMahon. Adegan yang diambil pada 28 Maret 2007 itu diyakini sebagai drama untuk memeriahkan acara.