BRI Mempawah Siapkan Rp7,4 M Uang Baru

50
ilustrasi.net

eQuator.co.id – Mempawah-RK. Menjelang Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah, BRI Cabang Mempawah menyiapkan uang edisi baru sebanyak Rp7,4 miliar. Pelayanan penukaran uang tersebut disampaikan Kepala Cabang BRI Mempawah, Wicaksono kepada wartawan, Jumat (9/6).

“Tahun lalu ketersediaan kas kita (BRI, red) sebesar Rp42 miliar, tahun ini hampir dua kali lipat yakni Rp87 miliar. Itu hanya untuk kantor cabang saja,” ujarnya.

Dia menjelaskan, uang edisi baru yang disediakan dari pecahan Rp2.000 sampai Rp20.000 sejumlah Rp2,4 miliar, pecahan Rp50.000 telah disiapkan sejumlah Rp2,4 miliar, dan pecahan Rp100.000 telah dipersiapkan Rp4,7 miliar.

Dari tanggal 4 Juni 2018, Wicaksono mengungkapkan, animo masyarakat untuk menukar uang baru terus meningkat. Apalagi BRI Mempawah juga melayani pencairan dana pensiunan. Sehingga menambah tinggi animo penukaran uang edisi baru. “Kalau 1 ATM berisikan sampai Rp1,5 miliar. Untuk di depan kantor kita saja terdapat 6 ATM, belum termasuk uker-uker (unit kerja) yang lain. Dalam tiga hari saja kalau ditotal habis Rp7,5 miliar untuk pengambilan masyarakat,” ungkapnya.

Dia memprediksi, tingginya animo penarikan uang yang dilakukan nasabah BRI, karena menjelang Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah. “Yang jadi pertanyaan saat ini. Uangnya pada lari kemana ya? Paling larinya ke departemen store, ke pasar-pasar sembako dan lain sebagainya,” ungkapnya seraya bercanda.

Sejak awal Juni, dia mengungkapkan, persediaan kas yang disiapkan BRI Cabang Mempawah total mencapai Rp98 miliar. “Kalau yang sudah keluar, lumayan besar, karena instansi dan lain sebagainya seperti kepolisian, Kejari, dan Pengadilan Negeri semuanya kan masuk ke BRI. Kalau saya prediksi 60-70 persen yang sudah keluar,” ungkapnya.

Dia juga menyinggung mengenai libur Lebaran, mulai tanggal 9-20 Juni pelayanan perbankan diliburkan. Namun, BRI telah menyediakan uang di ATM dan mesin setor tunai untuk melayani masyarakat yang akan mengambil maupun menyetorkan uang melalui ATM-ATM yang telah disediakan. “Kami sudah mempunyai mesin setor tunai di tiga tempat, yaitu di BRI Unit Sungai Pinyuh, BRI Mempawah dan BRI Unit Sungai Duri. Kedepan kita tambah tiga lagi, yaitu di Pahauman, Anjongan dan Jungkat,” paparnya.

 

Reporter: Ari Sandy

Editor: Yuni Kurniyanto