Blog Clickbait Serang Anies soal Banjir

47
HOAX

eQuator.co.id – PENGELOLA blog panca-news.blogspot.co.id  kerap membuat kabar hoax untuk menyerang pihak tertentu. Salah satu sasarannya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Blog tersebut membuat tulisan soal Anies yang seolah-olah enggan mengatasi banjir.

Daripada Mengatasi Banjir, Anies Lebih Mendambakan Jakarta Jadi Role Model Kota Bermoral dan Islami. Begitu judul tulisan blog Panca-news. Judul provokatif semacam itu hanya modus untuk mengejar klik. Tidak ada satu pun pernyataan Anies di bagian artikel yang membicarakan persoalan mengatasi banjir.

Apa yang ada dalam tulisan blog Panca-news hanya mencuri berita portal cnnindonesia.com. Judul aslinya, Anies Dambakan Jakarta Jadi Role Model Kota Bermoral. Berita tersebut bersumber dari pernyataan Anies saat memberikan sambutan pada acara silaturahmi Pemprov DKI Jakarta dengan tokoh agama di Balai Kota pada Selasa, 14 November 2017. Ketika itu, Anies menekankan bahwa Pemprov DKI tidak ingin kompromis terhadap praktik-praktik yang tidak sesuai dengan peraturan daerah (perda).

Pengelola blog itu, tampaknya, menggunakan dua nama domain dalam menyebarkan tulisan-tulisan hoax dan hasut. Selain Panca-news, ada domain detknews.blogspot.co.id. Sebab, tulisan dengan judul yang sama juga ada di blog tersebut. Namun, blog itu beberapa detik kemudian di-redirect ke Panca-news. Mungkin domain Detiknews itu untuk mengelabuhi netizen yang awam agar seolah-olah blog tersebut bagian dari portal berita Detik. (Jawa Pos/JPG)