Bangun Rasa Percaya Diri Anak Dengan Gymnastic

88
Kegiatan di Fast Gym (Club Gymnastic Anak)—Istimewa
Kegiatan di Fast Gym (Club Gymnastic Anak)—Istimewa

eQuator.co.id – TERNYATA olahraga bukan hanya membentuk tubuh yang sehat dan kuat. Tapi juga menumbuhkan rasa percaya diri serta disiplin khususnya lewat olahraga senam artistik atau yang lebih dikenal dengan gymnastic.

Tentunya, olahraga ini cocok untuk anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Fast Gym, salah satu klub gymnastic anak mengungkapkan olahraga senam artistik kian digandrungi anak usia 4 tahun hingga dewasa. Olah gerak pada gymnastic tak hanya menciptakan kekuatan, kelincahan, kelenturan, dan kecepatan.

Namun, gymnastic menuntut anak untuk mampu menyelesaikan tantangan ketika berolahraga. Sehingga, akan berdampak pada tumbuhnya rasa percaya diri dan hilangnya rasa takut. Sebab, setiap gerakan di setiap level gymnastic memberikan tantangan yang berbeda.

Istilahnya target skill menjadi fokus yang harus dicapai setiap anak untuk mencapai level yang lebih tinggi.

“Untuk itu Fast Gym coba mengemas dan memperkenalkan olahraga gymnastic jadi lebih menyenangkan. Tak hanya itu, anak-anak juga dilatih untuk lebih disiplin, atraktif, dan percaya diri saat tampil maupun bersosialisasi,” ujar Head Coach Fast Gym, Sepri Haryadi dalam keterangannya, belum lama ini.

Tak hanya itu, senam artistik juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasan teknik suatu cabang olah raga. Sebab, pengertian senam begitu luas cakupannya yang meliputi berbagai karakteristik geraknya.

Sepri menambahkan, sebagian besar orang tua yang mendaftarkan buah hatinya di Fast Gym Club beralasan agar anak mereka mendapat pendampingan yang aman saat melakukan gerakan seperti hand stand, front roll, backward roll, carthweel, dan salto.

Sebab, gerakan-gerakan tersebut sering dilihat anak-anak di sosial media, seperti Instagram dan YouTube. Sehingga, tak hanya sekedar ikut-ikutan tren, di Fast Gym bakat anak juga disalurkan melalui berbagai kegiatan positif seperti kompetisi antar club Nasional dan Internasional yang rutin digelar di berbagai negara.

Dalam waktu dekat, Fast Gym juga akan berpartisipasi dalam kejuaraan Gymnastic di Thailand, The Bangkok Gymnastics (Moose Game) Invitational Meet 2018 pada 31 Maret mendatang.

Diakui Sepri, saat ini kejuaraan senam artistik banyak digelar secara independent dan terbuka. Aktivitas ini berlangsung seiring tingginya minat anak terhadap gymnastic. Event ini bertujuan menampilkan bakat dan menyalurkan energi postif pada anak.

“Setiap anak yang sudah berlatih membutuhkan wadah untuk mempresentasikan skill yang sudah mereka capai,” ujar Sepri. (JawaPos.com/JPG)