Bahan Antikusam Buat Cat Mobil Tetap Kinclong

8

eQuator.co.id – Semua pemilik mobil pasti ingin mobilnya selalu terlihat kinclong walau sudah bertahun-tahun dipakai. Namun faktanya, cat mobil terkadang terlihat kusam meski mereka rajin merawat dan mencuci mobil. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan tampilan mobil tidak maksimal sesuai yang diinginkan. Salah satunya, cuaca yang tidak
menentu dan tingginya intensitas pemakaian mobil yang rentan terpapar polusi.

Untuk itu, solusi paling tepat untuk melindungi mobil dari potensi kekusaman akibat beberapa faktor di atas adalah menggunakan proteksi cat berbahan dasar nano ceramic. Apa sebenarnya nano ceramic itu? Chief Operating Officer HD Car Care Indonesia, Yaska Wu menjelaskan secara garis besar, nano ceramic adalah cairan yang menyatu dengan cat, sehingga membuat kotoran, debu, maupun residu sulit masuk ke dalam pori-pori cat mobil.

Ketika diaplikasikan ke permukaan pelapis cat, bodi mobil akan mempunyai semacam lapisan pelindung baru di atas pernis, sehingga dalam sekejap mengubah tampilan yang dulunya kusam menjadi kinclong seperti mobil baru. “Sebelum hadirnya teknologi nano ceramic, wax merupakan solusi proteksi cat mobil dapat melindungi cat mobil. Tapi karena molekulnya terlalu besar dan bersifat sementara, hasilnya pun tidak optimal. Selain itu, efek hydrophobic atau efek menolak air pada wax jauh lebih rendah dibandingkan dengan nano ceramic,” kata Yaska Wu pada wartawan beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Wu menjelaskan ketahanan wax tidak lama. Durasi ketahanannya maksimal hanya satu bulan. Sedangkan nano ceramic mampu memberikan jaminan proteksi jauh lebih lama. Dalam bebrapa uji coba bahan ini bisa bertahan selama tiga tahun. Salah satu bengkel perawatan mobil di Cibubur yakni HD Car Care telah lama menghadirkan solusi nano ceramic bagi para pemilik mobil yang ingin menjaga tampilan mobilnya tetap kinclong. Karena banyaknya permintaan di daerah Jawa Barat, mereka kembali membuka gerai barunya Cirebon.

Bagi Wu, nano ceramic HD Car Care akan memberikan beberapa manfaat bagi mobil Anda. Di antaranya, deep wet look yang akan mengembalikan warna asli yng kinclong dari kusam setelah proses detaling yang dilanjutkan dengan proses nano ceramic.

Sifat nano ceramic yang antigores mampu melindungi goresan atau baret yang muncul akibat debu dan kerikil, serta memproteksi cat dalam waktu lama dari kontaminasi natural acid seperti air hujan, kotoran burung, getah, air tanah, dan kotoran lainnya.(JawaPos.com/JPG)