Art, Science and Technology Expo 2016, Pacu Semangat Anak untuk Menggali Potensi Diri

111
Pembukaan. Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali membuka Art, Science and Technology Expo 2016 di Komplek SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Acara ini akan digelar selama tiga hari, yakni sejak Jumat (28/10) hingga Minggu (30/10). Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. SMA Negeri 1 Sungai Ambawang menggelar Art, Science and Technology Expo 2016 di Komplek SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Kegiatan yang merupakan pertama kalinya digelar di Kabupaten Kubu Raya ini akan digelar selama tiga hari. Yaitu, sejak Jumat (28/10) hingga Minggu (30/10).

“Saya sangat bangga sekaligus mengapresiasi ide serta gagasan untuk melakukan expo ini. Ini sangat bagus. Di sini kita mengenalkan teknologi, seni dan budaya serta ilmu pengetahuan. Ini kan sarana yang sangat baik untuk menunjang sekaligus menambah pengetahuan anak-anak didik di Kabupaten Kubu Raya,” ujar Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali, Jumat (28/10).

Dalam kesempatan itu, H Rusman Ali meresmikan pembukaan acara Art, Science and Technology Expo 2016. Usai peresmian, Bupati melanjutkan untuk mengelilingi seluruh stand dari sejumlah SKPD di jajaran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya serta instansi pemerintah lain. Seperti Lapan, Basarnas, Universitas Tanjungpura serta lainnya.

Art, Science and Technology Expo 2016 berjalan dengan baik serta menampilkan beberapa hasil karya dari siswa maupun kreatifitas siswa. Di antaranya, kerajinan serta seni bela diri.

Orang nomor satu di jajaran Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya ini mengharapkan, melalui Art, Science and Technology Expo 2016 dapat memacu anak-anak Kabupaten Kubu Raya untuk menggali potensi serta kemampuan masing-masing dan menampilkan secara profesional.

Karena Art, Science and Technology Expo 2016 baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Kubu Raya, H Rusman Ali mengharapkan agar kegiatan serupa mulai tahun depan bisa dilakukan di setiap kecamatan. Dengan menunjuk sekolah yang memiliki lapangan serta tempat yang luas sebagai penyelenggara kegiatan.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Saya minta kepada Dinas Pendidikan mulai tahun depan agar mengagendakan kegiatan ini di setiap kecamatan. Kenapa di setiap kecamatan? Karena wilayah kita sangat luas dan jarak tempuhnya jauh. Kalau di setiap kecamatan kan anak-anak kita tidak perlu pergi jauh-jauh,” ulasnya.

Bupati berpendapat, kegiatan tersebut sangat besar manfaatnya untuk menambah wawasan serta pengetahuan siswa sekaligus menggali potensi yang dimiliki. Kemudian mengenalkan teknologi yang ada kepada mereka.

Sementara itu, panitia pelaksana Art, Science and Technology Expo 2016, Nely Leoni menuturkan, kegiatan expo ini diisi dengan pameran hasil karya seni, sains dan teknologi siswa. Serta pameran dari instansi terkait tentang ilmu pengetahuan atau teknologi yang bermanfaat bagi siswa. “Sehingga mereka dapat melihat secara langsung apa yang telah mereka pelajari selama ini di sekolah. Jadi tidak hanya teori, tetapi juga prakteknya,” paparnya.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe