Anak Muda Sumbang Ide Kreatif untuk Event Kulminasi

PERTEMUAN. Pertemuan BP2KP dengan sejumlah komunitas di Pontianak, membahas event titik kulminasi, di hotel Grand Mahkota, Selasa (12/2). (Nova Sari-RK)

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. Badan Promosi Pariwisata Kota Pontianak (BP2KP) menggandeng sejumlah komunitas guna menyukseskan event titik kulminasi bulan Maret nanti. Fenomena alam ini terjadi dua kali dalam setahun yakni pada Maret dan September.

Untuk di bulan Maret, titik kulminasi diselenggarakan pada tanggal 21 sampai 23. Kali ini bertemakan ‘Ekspresikan Dirimu’. Sama dengan perayaan event sebelumnya, namun beberapa agenda menarik kali ini akan dihadirkan.

“Tentu agenda menarik ini akan kita dapatkan dari komunitas-komunitas yang ikut terlibat. Artinya kita membuka ruang dengan berbagai ide-ide kreatif anak muda untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sebab untuk memajukan Pontianak tidak hanya dari pemerintah saja, namun semua pihak,” ungkap Ketua Panitia Pesona Kulminasi Matahari, Muhammad Syafril, Selasa (12/2).

Syafril saat pertemuan dengan sejumlah komunitas Pontianak di hotel Grand Mahkota, menyebutkan, keterlibatan komunitas dan anak muda ini diharapkan dapat membuat event ini berjalan lebih semarak dari sebelumnya.

“Maka dari itu untuk menyukseskan acara ini tentu tidak hanya BP2KP, komunitas, namun semua pihak diharapkan juga ikut mendukung event kulminasi yang hanya dimiliki oleh Pontianak ini,” tuturnya.

Syafril melanjutkan, keberadaan fenomena alam ini, juga menjadi target dalam menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk datang ke Kalbar.

“Ini fenomena alam yang sangat  langka. Tentu kita harapkan wisatawan domestik ataupun dari mancanegara dapat datang menyaksikan kulminasi ini. Apalagi kita sangat beruntung, sebab bisa dilalui garis lintang nol derajat dan itu bisa menjadi kekayaan dan keunggulan Pontianak,” ucapnya.

Syafril menggambarkan, agenda tiga hari tersebut rencananya akan dikemas dengan menyajikan unsur edukasi fenomena matahari. Akan ada penampilan berbagai komunitas baik itu kesenian maupun pameran.

“Kita akan buat dengan kejutan-kejutan yang menarik dalam Pesona Kulminasi Matahari kali ini. Dan kita berharap semua partisipasi baik masyarakat, pemerintah kita harapkan,” tandasnya.

Ketua BP2KP, Moch Rizal Razikan mengatakan, event ini adalah upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalbar. Kehadiran wisatawan ini tentu berdampak baik bagi peningkatan PAD.

“Kita ingin menargetkan Pontianak menjadi tempat tujuan wisatawan, baik domestik maupun internasional, maka dari itu, ini akan dibuat semeriah mungkin, dengan harapan wisatawan meningkat,” kata Rizal.

Dengan kehadiran wisatawan ke provinsi ini, tentu akan banyak dampak yang ditimbulkan. Terutamadi sektor perekonomian masyarakat yang akan bergerak.

“Produk UMKM akan dibeli oleh pengunjung. Kemudian dari sisi hunian hotel terisi dan banyak lagi. Artinya dengan fenomena alam ini kita manfaatkan sebaik mungkin, sebab dampaknya yang multiplyer efek,” tandas Rizal. (ova)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!