Anak Muda Kubu Raya Kaya Prestasi

Mulai Tingkat Regional, Nasional dan Internasional

12
Putra-Putri Berprestasi. Inilah putra-putri Kubu Raya yang berprestasi di tingkat nasional. Humas for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Pemuda sebagai generasi penerus bangsa mempunyai posisi penting dalam membangun negeri. Eksistensi daerah dan bangsa mutlak ditangan kaum muda. Untuk itu, Pemerintah Kubu Raya senantiasa komitmen sekaligus konsisten melakukan berbagai upaya terhadap pembinaan generasi muda di seantero Kubu Raya.

Tak pelak, hasilnya dalam beberapa tahun terakhir bermunculan anak-anak muda berprestasi dari kabupaten termuda di Provinsi Kalbar ini. Bahkan, tak hanya berprestasi di tingkat daerah, melainkan juga di tingkat nasional, bahkan internasional.

“Sejak beberapa tahun lalu hingga kini, beberapa putra-putri daerah kita kembali unjuk prestasi di tingkat nasional, bahkan internasional,” ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kubu Raya, Cicilia Tri Agustina, Rabu (12/9).

Dalam kesempatan itu, Cicilia menyebut sejumlah nama putra-putri daerah Kubu Raya yang berhasil mewakili Kalbar di ajang tingkat nasional. Di antaranya, Ahmad Sulaiman yang mewakili Kalbar pada kegiatan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan tersebut merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga. Tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai dunia bahari yang potensial jika dikelola secara optimal dan serius di masa mendatang.

“Ini merupakan salah satu metode menumbuhkembangkan sifat rasa kecintaan dan rasa memiliki terhadap keberadaan bangsa Indonesia,” terang Cicilia.

Selain Ahmad Sulaiman, Cicilia menyebut nama Lazaro Kumala Dewi. Gadis asal Kubu Raya ini mewakili Kalbar pada ajang Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Tingkat Nasional 2018 di Bangka Belitung. Selanjutnya, ada nama Muhammad Irfan, yang mewakili Kalbar sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2018 di Jakarta.

“Untuk Paskibraka ini, Kubu Raya mengukir sejarah. Karena selama dua tahun berturut-turut berhasil mengirimkan wakil ke tingkat nasional. Di tahun 2017 lalu, anak kita Rahmad Hersa Widiatmoko juga masuk dalam tim paskibraka nasional,” ulasnya.

Sedangkan prestasi di tingkat internasional, Cicilia menyebut nama Rizka Suhani. Gadis Kubu Raya ini mewakili Kalbar dan Indonesia dalam ajang Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) di Australia serta yang terbaru adalah Devi Safitri.

“Devi Safitri merupakan dara 21 tahun asal Desa Sungai Ambangah, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya ini sukses menjadi juara dunia beladiri hapkido pada ajang World Hapkido Championship Seoul 2018 di Korea Selatan,” tuturnya.

Menurutnya, berbagai prestasi ini membuktikan bahwa putra-putri Kubu Raya mempunyai potensi yang tidak kalah dengan pemuda dari daerah lainnya.

“Yang terpenting sejak dini harus dilakukan pembinaan. Dengan begitu, selain kaum muda ini terhindar dari berbagai hal negatif sekaligus dapat berprestasi untuk mengharumkan nama daerah,” harapnya.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe