Air Bersih Tak Sampai ke Melano, Bupati Citra Tak akan Maju Lagi

BERSUKA RIA: Bupati Kayong Utara Citra Duani, Sekda Hj Hilaria Yusnani, pejabat, dan warga lainnya bersuka ria karena air bersih sudah mengalir di Desa Sungai Sepeti, Sabtu (17/1). Kamiriluddin-RK

eQuator.co.id – SUKADANA-RK. Kesekian kalinya, Bupati Kayong Utara Drs Citra Duani meminta kepada berbagai pihak untuk mendukung program penyediaan air bersih bagi warga. Bahkan, jika air bersih tak sampai ke DesaTeluk Melano, dirinya tidak akan mencalonkan lagi sebagai Bupati Kayong Utara di Pemilihan Kepala Daerah (PIlkada) Kayong Utara di masa selanjutnya.

“Jika pada jabatan saya lima tahun ini, air bersih tidak juga mengalir ke kecamatan Simpang Hilir, khususnya ke Desa Teluk Melano, sebagai pasar rakyat terbesar di Kayong Utara, saya tidak akan maju lagi (Pilkada KKU lima tahun mendatang, Red,” ungkap Bupati Citra, usai peresmian Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Sungai Sepeti kecamatan Seponti, Sabtu(19/1).

Ihwal Pamsimas, Bupati Citra meminta kepada pihak pelaksana pembangunan Pamsimas untuk dapat melakukan survei. Mengambil sampel ke beberapa desa dan kecamatan yang masih kesulitan air bersih.

“Keberhasilan Pamsimas di desa Sungai Sepeti ini dapat menjadi contoh bagi desa lainnya. Ini menjadi sebuah karya inovasi yang pro masyarakat. Terlebih, saat ini masih banyak daerah di Kayong Utara yang belum dapat menikmati air bersih secara layak,” tegas Bupati Citra.

Ia menerangkan dengan anggaran sekitar Rp350 juta bisa dinikmati sampai ribuan kepala keluarga (KK), bukti nyata inovasi desa.

“Terimakasih kepada kepala desa dan lain-lainnya. Mudah-mudahan desa lain juga bisa mengikuti. Ini sebuah karya nyata, hanya kerja empat bulan mampu mengalirkan air bersih layak konsumsi.

Sementara keluarga kita di desa Teluk Melano hingga Teluk Batang, belum bisa menikmati air bersih secara layak ini,” timpal Bupati Citra.

Lanjutnya lagi, pihak Pemda Kayong Utara akan terus mendorong percepatan pembangunan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Akan tetapi Pamsimas yang saat ini sudah memberikan dampak di masyarakat, diharapkan dapat terus dikembangkan di desa-desa yang ada di Kayong Utara.

“Sebelum PDAM dari pemerintah daerah berdiri, nantinya akan kita dorong Pamsimas untuk dikembangkan ke desa-desa dan kecamatan lainnya. Supaya air bisa mengalir dengan waktu tidak terlalu lama,” harap Bupati Citra.

 

Reporter: Kamiriluddin

Redaktur: Andry Soe

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!