Tampil Maskulin Layaknya Presiden Soekarno

Taupan Tagasta Mahardika

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Dalam acara resmi yang super formil terkadang laki-laki bingung mau tampil dengan mode seperti apa? Ujung-ujungnya hanya pakai kemeja atau kaos saja. Tentu tidak kece benget bukan.

Nah, mau tahu bagaimana biar terlihat fashionable ala artis. Atau bahkan mau mirip dengan Presiden Soekarno yang berkharisma. Ya, jas jawabannya.

Pakaian dengan gaya maskulin yang keren banget adalah tuksedo dan jas. Cocok sekali untuk pergi ke pesta. “Lebih untuk ke dress code gitu. Seperti untuk tampilan internasionalnya gitu,” ujar Taupan Tagasta Mahardika yang merupakan runner up 1 Duta Kuliner Kalbar 2019.

Baginya, jas dan tuksedo resmi itu merupakan barang wajib yang harus dimiliki. “Aku kan sering ikut lomba-lomba. Juga ada acara kampus yang menuntut aku berpakaian rapi,” tuturnya.

Menurutnya, menggunakan aksesoris merupakan suatu yang tak boleh dilupakan. Seperti dasi kupu-kupu sebagai penyempurna. Namun saat menggunakan jas, dasi adalah pilihan yang opsional. Bisa dipakai maupun tidak.

“Bawahannya tentu sepatunya pakai sepatu pantofel,” ucap lelaki yang akrab disapa Tagas itu.

Lelaki yang belum genap berumur 20 tahun ini menuturkan, jas formal merupakan pakaian seorang lelaki sejati. “Karena setiap orang pasti punya momen untuk mengenakan jas atau tuksedo,” imbuhnya.

Busana yang merupakan pakaian berbahan kain dari atasan hingga celana itu pun memiliki tips dan trik paduka padan. Misalnya, pilihan warna jas dan acara, tentu keserasian harus selalu dijaga.

“Selain itu juga harus memilih item yang cocok sesuai dengan kulit,” ujarnya.

Warna solid navy bisa membantu. Warna ini pas buat bisnis dan mudah dipadukan dengan beragam kemeja serta dasi. “Kita pun jadi bisa memakai setelan yang sama selama mampu menciptakan paduan yang berbeda-beda. Jas hitam, gelap ataupun merah maron boleh kamu kenakan untuk acara yang sesekali diadakan. Misalnya, pernikahan maupun promnight untuk perpisahan sekolah,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya berpesan agar laki-laki muda harus selalu terlihat berwibawa serta tampil rapi. Karena dari situ bisa tercermin kepribadiannya.

“Dan juga orang pintar dan cantik atau ganteng itu tahu apa yang harus dilakukannya,” ulasnya.

Reporter: Suci Nurdini Setiowati

Redaktur: Andry Soe