Bupati Resmikan 02SN Tingkat Kabupaten Mempawah

LEPAS BALON. Bupati Mempawah Hj. Erlina melepas balon tanda dibukanya 02SN di halaman Kantor Bupati Mempawah, Kamis (2/5). (ARi SANDY/RK)

eQuator.co.id – MEMPAWAH-RK. Bupati Mempawah Hj. Erlina membuka secara resmi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) serta Gebyar Paud tingkat PAUD, SD/MI, dan SMP/MTS se-Kabupaten Mempawah, Kamis (2/5).

 

Acara pembukaan yang digelar di halaman Kantor Dinas Pendidikan Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Mempawah ini berlangsung semarak. Acara diawali dengan pawai yang diikuti para atlet dan didampingi official.

 

Sejumlah group drum band perwakilan sekolah yang mempertunjukan atraksi di bagian depan barisan pawai, menarik perhatiaan warga sekitar.

 

Bupati berharap melalui pelaksanaan O2SN tingkat Kabupaten Mempawah ini, setiap siswa tidak hanya cerdas, namun juga bisa berkreasi dan kreatif. Apalagi adanya Pentas PAI yang diharapkan melahirkan generasi yang Islami.

 

“Kreasi dan kreatif siswa dapat diperoleh di bidang olahraga terutama melalui O2SN. Apalagi ada Pentas PAI yang merupakan wadah pendidikan agama bagi para siswa. Dan saya berharap kegiatan ini bisa melahirkan atlet-atlet berbakat dan berprestasi. Untuk itu, para atlet dan dewan juri bertandinglah secara sportif dan profesional,” katanya.

 

Ketua Pelaksana O2SN, Firman Juli Purnama mengatakan, peserta O2SN merupakan seluruh siswa sekolah dasar  (SD) sederajat se Kabupaten Mempawah. Adapaun macam perlombaan yang dilaksanakan yakni cabang olahraga bulutangkis, tenis meja, atletik, volly mini putri, silat, karate, catur, dan renang.

 

Sedangkan FLS2N meliputi lomba membuat gambar bercerita, nyanyi solo, seni tari dan pantomin.

 

“Untuk Pentas PAI meliputi lomba azan dan iqamah, hafalan surat pendek, tartil Quran, Pildacil, cerdas cermat, kaligrafi, tilawah, dan bercerita tokoh agama Islam,” katanya.

 

Jadwal O2SN dimulai ‪2 Mei sampai 4 Mei 2019. Dan bagi atlet yang berhasil, berhak untuk mewakili Kabupaten Mempawah di tingkat Provinsi Kalbar.

 

“Apabila nanti para siswa kita berhasil di tingkat kabupaten, mereka berhak mewakili Mempawah di tingkat provinsi. Dan saya mengucapkan terima kasih dan dukungan semua menyukseskan kegiatan ini,” pungkasnya.

 

 

Laporan : Ari Sandy

Editor : Indra