Waspada Hujan Disertai Angin Kencang

Ilustrasi : Internet

eQuator.co.id – KUBU RAYA-RK. Selama tiga hari kedepan, potensi hujan sedang maupun lebat disertai angin kencang dan petir terjadi di beberapa wilayah di Kalbar. Ambruknya bangunan SMPN 22 Pontianak patut diwaspadai saat cuaca yang tidak bersahabat saat ini.

“Perlu diwaspadai juga, seperti banjir, genagan, tanah lonsor, pohon tumbang, jalan yang licin, jarak pandang pendek,”kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Supadio, Sutikno, Jumat(26/4)sore.

Namun diperkirakan, tanggal 29 April nanti, Sutikno menambahkan, potensi hujan mulai berkurang, tetapi tetap perlu diwaspadai. “ Salah satu faktor penyebabnya hujan, akibat konsentrasi penumpukan massa udara di beberpa titik di Kalbar,”ucapnya.

Sutikno menambahkan, hampir merata, terjadi hujan dengan intensitas sedang – lebat yang dapat disertai petir/guntur dan angin kencang durasi singkat pada pukul 17.00 WIB. “ Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB. Serta jangan lupa membawa mantel saat berpergian,”kata Sutikno.

Saat yang berpotensi hujan disertai angin kencang, seperti di Kota Pontianak, Kabupaten Bengkayang di kecamatan Jagoi Babang, Seluas, Sanggau Ledo, Ledo, Bengkayang, Lumar, Lembah Bawang, Monterado, Capkala, dan Sungai Raya. Sedangkan Kabupaten Mempawah di Segedong, Kula Mandor B, Siantan, Mempawah Timur, Mempawah Hilir, Sungai Pinyuh. Kabupaten Ketapang di Kendawangan, Manis Mata, Hulu Sungai, Sungai Laur, Sandai, Matan Hilir Utara, Nanga Tayap, Matan Hilir Selatan, Sungai Melayu Raya, Benua Kayong, Delta Pawan, Muara Pawan, dan Pemahaman.

Kabupaten Melawi di Pinoh Selatan, Ella Hilir, Menukung, Belimbing Hulu, Tanah Pinoh Barat, Tanah Pinoh, Sokan, Sayan, Nanga Pinoh, dan Belimbing. Kabupaten Sintang di Sepauk, Tempunak, Ambalau, Kayan Hulu, Kayan Hilir, Sintang, Kelam Permai, Dedai, Sungai Tebelian, Tempunak, Sepauk, Binjai Hulu.

Kabupaten Sekadau di Nanga Taman, Nanga Mahap, Sekadau Hulu, Sekadau Hilir, Belitang Hilir, Belitang, dan Belitang Hulu.

Kabupaten Kapuas Hulu di Silat Hulu, Bunut Hulu, Semitau, Suhaid, Hulu Gurung, Batang Lupar, Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Bika, Jongkong, Pengkadan, Boyan Tanjung, Selimbau, Putusibau Selatan, dan Putusibau Utara. Kabupaten Sambas di Selakau Timur, Selakau, Salatiga, Semparuk, Tebas, Pemangkat, Sebawi, Tekarang, Sambas, Paloh, Teluk Keramat, Sejangkung, Sajad, dan Subah.

Kabupaten Kayong Utara di Sukadana, Teluk Batang, Seponti, P. Maya, Teluk Batang, dan Simpang Hilir. Kabupaten Kubu Raya di Teluk Pakedai, Sungai Kakap, dan Sungai Raya. “Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten Sanggau di Toba, Meliau, Tayan Hilir, Parindu, Balai, Tayan Hulu, Beduwai, dan Entikong,” bebernya.

Selain itu, Kabupaten Landak di Mandor, Menjalin, Sompak, Manyuke, Banyuke Hulu, Air Besar, Kuala Behe, dan Mempawah Hulu.

 

Laporan: Syamsul Arifin

Editor: Yuni Kurniyanto