Car Free Day Kubu Raya Diresmikan

Potong Pita. Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan bersama Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Supadio Pontianak meluncurkan Car Free Day Kubu Raya di Taman Dirgantara. Dengan memotong pita dan pengibaran bendera yang dilakukan Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Minggu (7/4).

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Pemerintah Kubu Raya bersama Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Supadio Pontianak meluncurkan Car Free Day Kubu Raya di Taman Dirgantara, Kubu Raya, Minggu (7/4). Peluncuran tersebut dilakukan langsung Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan.

Turut hadir Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Danlanud Supadio, Marsekal Pertama Palito Sitorus, Kapolresta Pontianak, Kombes Pol M. Anwar Nasir, Kajari Mempawah, Antoni Setiawan dan sejumlah pejabat pemerintahan lainnya.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan optimistis Car Free Day akan menggelora di Kubu Raya. Terlebih kegiatan peluncuran Car Free Day disambut dengan antusias oleh masyarakat.

“Di Car Free Day ini ada nilai wisatanya serta dapat menerapkan pola hidup sehat dan silaturahmi. Dan berdampak juga pada ekonomi bagi UKM dan pelaku usaha lainnya,” ujar Muda Mahendrawan.

Menurut Muda, jika Car Free Day terus digelorakan, maka akan menjadi peluang yang besar untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu, Car Free Day juga dapat menjadi ajang perekat budaya.

“Karena nantinya akan ada berbagai kegiatan seperti senam tari yang menggambarkan lintas etnis di Kubu Raya. Tentunya event seperti ini akan kita kembangkan terus,” tegasnya.

Menurutnya, Car Free Day merupakan gagasan dari Danlanud Supadio. Ide tersebut disambut Pemerintah Kubu Raya, karena merupakan peluang bagi masyarakat sekaligus memberikan multi efek yang cukup besar.

“Ke depannya kegiatan ini bisa tersedia ruang pelayanan publik,” harapnya.

Sementara itu, Danlanud Supadio, Marsekal Pertama Palito Sitorus mengatakan, Pemkab Kubu Raya bersama Pangkalan AU Supadio dan seluruh komponen masyarakat Kubu Raya saat ini mulai melaksanakan gerakan peduli lingkungan. Yang dikemas dalam program Car Free Day setiap Minggu pagi di areal Taman Dirgantara.

“Kegiatan Car Free Day ini merupakan salah satu program Pemkab Kubu Raya bersama Lanud Supadio. Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan bersama-sama masyarakat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan bebas polusi kendaraan,” ujar Palito Sitorus.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga bertujuan memasyarakatkan olahraga serta mewadahi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM). Dalam meningkatkan kesejahteraan yang bermuara pada percepatan pembangunan daerah.

“Car Free Day ini bertujuan untuk mendukung dan membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan dan menjaga lingkungan di sekitar,” tuturnya.

Tak hanya itu, Car Free Day juga dapat menjadi wadah untuk menyatukan segala perbedaan dan saling berkomunikasi sekaligus bersilaturahmi.

“Program Car Free Day juga bermanfaat untuk menyelamatkan bumi. Seperti meningkatkan kualitas udara di sekitar, mengurangi polusi kendaraan dan meningkatkan aktivitas fisik,” terangnya.

Sementara itu, Kapolresta Pontianak, Kombes Pol M. Anwar Nasir mengatakan, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan Car Free Day. Ia bahkan siap untuk melibatkan personel dalam pengaturan arus lalu lintas ketika Car Free Day berlangsung.

“Ke depannya kami akan membuka pelayanan SIM keliling. Nanti kita atur antara Pontianak dan Kubu Raya dan berbagai pelayanan bisa diterapkan di sini,” ucap Kombes Pol M. Anwar Nasir.

Anwar menerangkan, pada kegiatan Car Free Day pihaknya menerapkan pengalihan arus lalu lintas, sehingga Car Free Day tetap berjalan dengan baik dan arus lalu lintas juga tidak terganggu. (sul)