Jaga Kamtibmas, Abdullah Syam Turun Langsung Sambangi Warga

JAGA KAMTIBMAS. Kapolsek Pontianak Kota Kompol Abdullah Syam saat memberikan imbauan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pontianak Kota, Selasa (19/3) malam--Polisi for RK

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, kepolisian terus berupaya menjaga suasana kamtibmas di masyatakat dengan melakukan upaya yang sifatnya preemtif. Seperti yang dilakukan Polsek Pontianak Kota.

Langkah tersebut terus dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya kerawanan-kerawanan di masyarakat.

“Untuk menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pontianak Kota, kami meningkatkan kegiatan  patroli sambang ke pos-pos ronda yang ada di daerah-daerah yang  dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas,” kata Kapolsek Pontianak Kota, Kompol Abdullah Syam kepada Rakyat Kalbar, Selasa (19/3) sekira pukul 17.00 WIB.

Abdullah menerangkan,  keberadaan dan peran pos ronda di tengah masyarakat sangat penting dalam upaya mengantisipasi  gangguan kamtibmas. “Untuk itu, kita harapkan pos ronda yang ada di lingkungan masyarakat dapat terus diaktifkan. Sehingga dapat berperan membantu kita menjaga kamtibmas di masyarakat,” harapnya.

Setiap malam, Abdullah menerangkan, dirinya dan jajaran rutin menyambagi masing-masing pos ronda, untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Serta menyampaikan pesan kamtibmas agar situasi tetap berjalan aman.

“Selain itu antisipasi kerawanan juga terus kita lakukan dengan kegiatan malam Minggu aman,” timbalnya.

Tak cukup demikian, Abdullah melanjutkan, peran  Bhabinkamtibmas juga terus ditingkatkan dalam melakukan pembinaan dan memonitor situasi di wilayah binaan masing-masing.

“Hal tersebut karena Bhabinkamtibmas merupakan kepanjangan tangan Polri, yang selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Sehingga lebih memahami apa yang terjadi di masyarakat binaannya,” terang Abdullah.

Saat ini, kata dia, situasi kamtibmas di Kecamatan Pontianak Kota masih dalam kondisi aman dan kondusif. Pihaknya pun berharap situasi ini terus dijaga guna mencegah timbulnya gangguan di masyatakat.

“Kita juga mengharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama Polri dan TNI untuk terus menjaga situasi ini sampai pelaksanaan Pileg dan Pilpres yang akan berlangsung 17 April 2019 nanti hingga dapat berlangsung dengan lancar, aman dan damai,” harapnya. (and)