Expo Diharap Mampu Memotivasi dan Meningkatkan Mutu Produk

Ilustrasi.NET

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. Expo UMKM merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk UMKM yang mungkin masih banyak belum diketahui masyarakat. Dimana dengan expo tersebut dapat mengangkat keberadaan UMKM agar mampu bersaing di pasaran. Yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Pontianak memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan menyambut baik atas terselenggaranya expo yang diinisiasi oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Pontianak,” ujar Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan saat pembukaan Expo UMKM yang diselenggarakan IWAPI Pontianak, di Gedung PCC, Selasa (19/3).

Bahasan menilai, acara yang diselenggarakan merupakan langkah yang baik dalam rangka memberikan motivasi kepada semua pihak. Terutama para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan mutu produknya. Pemerintah Kota Pontianak, kata dia, tentunya selalu memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat luas.

“Pembangunan yang kita laksanakan seyogyanya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat,” ujarnya.

Expo ini, dijelaskan Bahasan, merupakan ajang ragam promosi produk unggulan berbasis industri kreatif dari industri kecil menengah yang ada di Pontianak. Selain itu expo juga merupakan ajang pameran rekam jejak keberhasilan pembangunan di berbagai sektor lainnya.

“Untuk itulah expo ini sangat penting dilaksanakan untuk mengimplementasikan pengembangan UMKM serta industri kreatif se-Kota Pontianak yang selama ini telah diprogramkan dan dilaksanakan,” kata dia.

Terlebih, menurutnya, kegiatan ini juga menjadi indikator awal untuk pengembangan UMKM guna mewujudkan Pontianak unggul dan kreatif. Selain itu expo juga berfungsi sebagai media informasi untuk mendidik masyarakat, agar inovasi dan karya kreatif yang ditampilkan mengandung dimensi pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat. Dalam pengembangan industri kecil menengah menjadi industri andalan yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Ini juga dapat menjadi nuansa rekreasi atau hiburan. Rangkaian acara dan kegiatan yang disajikan memberi nuansa yang berbeda antara satu kegiatan dan kegiatan lainnya. Sehingga dapat membangun persepsi positif dalam upaya menumbuhkembangkan ide-ide kreatif untuk mendorong pengembangan industri kreatif Kota Pontianak,” paparnya.

Bahasan menambahkan, tingginya animo masyarakat untuk berkunjung ke expo adalah sebuah sinyal yang harus dimaknai. Bahwa masyarakat sangat antusias ingin mengetahui produk kreatif terbaru yang dihasilkan oleh produsen lokal. Kunjungan yang tinggi akan berpengaruh terhadap besaran transaksi dengan harapan menjadi pemicu gerakan cinta produk lokal.

“Apresiasi kepada semua pihak yang turut menyukseskan acara ini. Semoga apa yang sudah kita sajikan menjadi sesuatu yang berarti untuk kemajuan masyarakat Kota Pontianak,” ungkap dia.

Tak hanya itu, Bahasan mengatakan, expo yang diselenggarakan berkontribusi positif dan efektif menumbuhkan spirit dan tekad bersama, untuk melahirkan inovasi baru, karya besar dan usaha kreatif di kemudian hari yang mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi Pontianak.

Laporan: Maulidi Murni

Editor: Ocsya Ade CP