Provider Telekomunikasi Nyepi Tanpa Internet

Nyepi

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Penghormatan terhadap Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu, Kamis (7/3), ditunjukkan sejumlah provider telekomunikasi dengan menonaktifkan layanan akses internet.

“Memang ada imbauan dari pemerintah untuk mematikan jaringan internet saat Hari Raya Nyepi, khusus untuk Bali. Sebagai salah satu penyelenggara telekomunikasi, kita mematuhi imbauan dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika, red),” ungkap Muhammad Arief Rachman Soeyitno, Supervisor Corporate Communications Kalimantan kepada Rakyat Kalbar, Kamis (7/3).

Namun memang kata Arief, imbauan tersebut diberlakukan di daerah Bali. Untuk daerah lain, termasuk Kalimantan secara umum, masih berjalan seperti biasanya. “Meski wilayah lain menjalankan seperti biasanya, kami tetap menghormati perayaan Hari Raya Nyepi pada hari ini (kemarin, red),” lugasnya.

Penegasan serupa disampaikan Dwi P Nugraha, Corporate Communication XL Axiata Regional Jabodetabek. Dikonfirmasi via selulernya, Dwi memastikan, mendukung dan melaksanakan arahan Kominfo tersebut. “Kita sudah melakukan hal ini sesuai imbauan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Kominfo melalui Direktorat Telekomunikasi Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Himbauan Untuk Melaksanakan Seruan Bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2019.

Surat edaran tersebut berisi dua imbauan. Pertama, Kominfo mengajak seluruh penyelenggara telekomunikasi yang menyediakan layanan akses internet di Provinsi Bali untuk mematikan akses internet pada 7 Maret 2019 mulai pukul 06.00 WITA sampai 8 Maret 2019 pukul 06.00 WITA.

 

Laporan: Nova Sari

Editor: Yuni Kurniyanto