TMMD Bantu Pembangunan Desa Tertinggal

PUKUL GONG. Wakil Bupati Landak, Herculanus Heriadi saat memukul gong tanda pembukaan kegiatan TMMD di Kecamatan Jelimpo, Selasa (26/2). Kegiatan ini akan berlangsung selama satu bulan. (Antonius-RK)

eQuator.co.id – JELIMPO-RK. TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat desa. Bantuan sosial TNI ini dianggap mampu meningkatkan kesejahteraan warga, terutama daerah tertinggal.

“Selain itu juga mendorong masyarakat untuk membangun desanya. Meningkatkan wawasan kebangsaan dan menjaga NKRI,” kata Wakil Bupati Landak, Herculanus Heriadi saat membuka TMMD ke-104 tahun anggaran 2019 Kodim 1201/MPH di Kecamatan Jelimpo, Selasa (26/2).

TMMD ini dipusatkan di Desa Sekais selama satu bulan. Sebagai wujud operasi bakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintah non departemen dan Pemda.

“TMMD merupakan program lintas sektoral untuk pembangunan di desa. Diharapkan, TMMD semakin dirasakan manfaatnya dan masyarakat yang ada di seluruh sasaran pelaksanaan,” kata Heriadi.

Selain itu, TMMD ini juga merupakan suatu upaya TNI membantu pemerintah memberdayakan potensi wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta kesadaran bela negara dalam upaya pemberdayaan wilayah pertahanan.

“Dalam program TMMD ini, TNI AD bekerjasama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah di seluruh tanah air. Kegiatan sasaran fisik diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana, fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat daerah,” pungkas Heriadi. (ius)