Bebas, Ahok Keluar Diam-diam dari Mako Brimob

Bukan Lagi Polwan, Puput Sudah Urus Pernikahan

Basuki Tjahaja Purnama

eQuator.co.id – DEPOK-RK.  Keluarnya mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) dari tahanan Mako Brimob setelah menjalani 2 tahun masa penjara disambut suka cita para pendukungnya. Ratusan Ahoker mendatangi Mako Brimob di Cimanggis, Kota Depok selang sehari dari keluarnya pria asal Bangka Belitung tersebut.

Teriakan pendukung sesekali terdengar sebagai tanda jika mereka masih setia menunggu di luar Mako Brimob. Ahoker punya alasan kuat untuk tetap bertahan. Mereka ingin melihat mantan orang nomor satu di Ibu Kota tersebut secara langsung.

Hampir dua jam memberikan nama Ahok. Harapan mereka harus pupus. Mereka sempat kecewa setelah mendapat informasi jika Ahok keluar dari dalam rutan sejak pagi.

Ahoker yang sudah menunggu di depan Mako Brimob banyak yang mengaku sempat kecewa lantaran mengetahui Ahok sudah keluar dari dalam rutan. Meski gagal melihat atau mungkin bertemu  secara langsung, tetapi, kebanyakan dari mereka cukup senang mengetahui Ahok bisa menghirup udara bebas.

Salah satu Ahoker, Sri Damiya, 58, mengutarakan kedatangannya ke Mako Brimob sebagi bentuk dukungan kepada Ahok. Dia mengakui, jika sangat berharap bisa bertemu secara langsung dengan Ahok di hari pertama dia keluar dari dalam Rutan. “Enggak apa-apa yang penting pak  Ahok sehat,” ucap dia.

Dirinya mengatakan, mendengar Ahok sudah bisa keluar dari dalam rutan saja membuat Sri gembira. Dia menyebutkan tempat tinggal dirinya  tidak jauh dari rumah Ahok. Keadaan itu juga membuat Sri kenal betul dengan Ahok. “Selama ini orangnya (Ahok) suka membantu orang di sekitar lingkungannya,” kata dia.

Selain Sri, ada juga Ahoker yang bernama Ramjan, 49. dia yang merupakan penyandang disabilitas, rela menyambangi Mako Brimob sejak Rabu malam.

Dirinya mengungkapkan, sangat senang dengan kebebasan Ahok. Ramjan juga sangat berharap bisa bertemu dengan Ahok. “Dari Jatinegara saya mau kasih dukungan sama Ahok, sukur bisa ketemu sama dia,” terang dia.

Dia mengatakan, mengikuti karir Ahok sejak Ahok menjabat Gubernur DKI Jakarta. Ketika memimpin Jakarta, dirinya mengaku sudah mengidolakan Ahok pada saat itu.

Sementara itu, cerita cinta Ahok dengan Bripda Puput juga santer terdengar. Lurah Pasir Gunung Selatan Aslih Sinten yang merupakan Lurah tempat tinggal Puput menegaskan , jika warganya itu sudah mengajukan surat pengantar nikah sejak 17 Januari lalu. “Sudah saya tanda tangani. Semua persyaratannya semua lengkap,” kata Aslih saat dihubungi.

Menurut dia, pernikahan Puput kemungkinan besar akan dilaksanakan di daerah Menteng,tetapi saat ditanya kapan pernikahan tersebut berlangsung dia tidak mampu menjawabnya. “Kalau tanggalnya bukan di kita. Di kelurahan cuma melayani pengajuan nikah untuk perempuannya saja,” kata dia.

Lebih lanjut kata dia, Kemungkinan besar pernikahan akan dilakukan secara Kristiani atau mengikuti kepercayaan Ahok. “Bukan pernikahan muslim, Ikut calon suaminya,” jelas dia.

Bripda Puput yang dikabarkan akan menikah dengan Ahok bukan lagi anggota Polri. Pada 9 Januari lalu, Polri menerima pengunduran dirinya sebagai polwan. Karena itu tak perlu lagi Puput mengajukan izin untuk menikah ke pimpinan Polri.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan bahwa sekitar 15 hari yang lalu, Puput telah secara resmi diterima pengunduran dirinya sebagai anggota Polri. Pengunduran diri itu telah ditandatangani petinggi Polri. ”Surat keputusannya sudah keluar,” paparnya.

Terkait alasan pengunduran diri dari Puput, Polri tidak menyebutkan secara spesifik. ”Secara pribadi yang bersangkutan ingin mundur dan sudah disetujui,” terang mantan Wakapolda Kalimantan Tengah tersebut.

Dengan begitu, yang bersangkutan tidak lagi terikat dengan aturan kepolisian. Dimana setiap anggota harus mengajukan izin untuk menikah. ”Karena bukan anggota Polri, ya tidak perlu saya komentari lagi,” paparnya.

Sementara terkait kebebasan Ahok, Kadivhumas Polri Irjen M. Iqbal menjelaskan, kebebasan Ahok merupakan hal yang biasa. Masyarakat yang berstatus napi apabila sudah waktunya atau ada batasan waktunya menjalani hukuman.

”Bebas sesuai mekanisme biasalah. Tapi, kalau setelah bebas minta dikawal tentu akan dilayani. Tapi, tidak ada permintaan semacam itu. Ya, bebas saja,” tutur mantan Wakapolda Jawa Timur (Jatim) tersebut.

Setelah kebebasan Ahok, muncul sejumlah foto yang menunjukkan keakraban Ahok dengan Puput, yang juga mantan ajudan Veronica Tan. Setidaknya ada dua foto yang beredar, foto pertama Ahok sedang duduk bersama Puput di sebuah sofa coklat gelap. Mereka sama –sama mengenakan kemeja biru gelap . Keduanya menghadap ke lelaki berkemeja biru sedang memegang gitar.

Di belakang keduanya, terlihat belasan orang yang juga memperhatikan lelaki berkemeja biru memainkan gitar. Foto kedua, masih di lokasi yang sama, Ahok duduk bersama Puput di sofa. Namun kali ini keduanya terlihat sibuk dengan handphonenya masing-masing.

Di sofa yang bersebelahan dengan Ahok, terlihat juga kakak angkat Ahok dalam foto tersebut Nana Riwayatie. Belum diketahui dimana lokasi pengambilan kedua foto tersebut.

Ahok Nyanyi

Mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (BTP) akhirnya bebas murni kemarin (24/1). Ahok—sapaan Basuki Tjahaja Purnama—dijemput langsung putra sulungnya, Nicholas Sean dari Mako Brimob Kelapa Dua sekitar pukul 07.30. Selain Nicholas, Tim BTP juga ikut menjemput Ahok menuju kediamannya yang dirahasikan dari publik.

Usai menjemput Ahok, Tim BTP sempat membagikan foto Ahok tengah direkam oleh seseorang. Seperti disebutkan Tim BTP, Ahok tampaknya serius akan menjadi Vlogger. Perekaman itu tampaknya dilakukan oleh Professional Videographer, Goenrock.

Selain foto itu, beredar pula video Ahok tengah melakukan kebaktian rohani bersama keluarga. Kebaktian itu tampaknya digelar keluarga dalam menyambut kebebasan Ahok. Dalam video tersebut, tampak calon istri Ahok, Bripda Puput Nastiti Devi, yang merupakan mantan ajudan dari mantan istri Ahok, Veronica Tan. Ahok bahkan tampak  duduk  satu sofa dengan Puput.

Dalam video singkat itu, Puput tampak antusias mengikuti acara bernyanyi dan berdoa bersama tersebut. Puput bahkan sangat semangat menyanyikan lagu rohani berjudul ’’ Allah itu Baik – Kasih Setianya Tak Pernah Berubah’’ tersebut. Kondisi itu semakin menguatkan bahwa Puput sudah mengikuti agama Ahok.

Ahok dan Puput juga tampak serasi dengan mengenakan baju berwarna biru navy. Keduanya bahkan tidak canggung menunjukkan kedekatan kepada keluarga Ahok yang berkumpul di sana. Ahok dan Puput bahkan mengambil foto dengan posisi berdampingan bersama dengan Tim BTP  dan Djarot Saiful Hidajat yang datang mengunjunginya bersama istrinya, Happy Farida. Dalam foto dengan Tim BTP tersebut, seolah Ahok dan Puput memamerkan cincin di jari manis masing-masing.

Selain Puput, tampak juga wajah ibunda Ahok, Buniarti Ningsih dan adik Ahok, Fifi Lety.  Buniarti tampaknya sangat bahagia menyambut  kebebasan anak. Hal itu dilihat dengan semangatnya dia bertepuk tangan dalam bernyanyi. Hingga saat ini, belum jelas lokasi foto dan video tersebut diambil. Namun, tampaknya di sebuah rumah, namun bukan Rumah ahok di Perumahan Pantai Mutiara Pluit. (Jawa Pos/JPG)