Korban Tewas Tercatat 430 Orang

Takut Gelombang Tinggi, Warga Pilih Mengungsi

PENGUNGSI. Ratusan warga berada di pengunsian dan Posko Kesehatan Kemensos RI, Rabu (26/12). Muhammad Ali/Jawa Pos

eQuator.co.id – PANDEGLANG-RK. Empat hari setelah tsunami akibat runtuhan Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda masih banyak warga yang memilih tinggal di posko pengungsian. Apalagi pada malam hari atau kabar tentang air laut pasang dan aktivitas GAK merebak.

Warga memilih tidur berdesakan di posko seperti di lapangan futsal Labuan atau di masjid-masjid yang tak jauh dari terminal bus Labuan. Lokasinya memang termasuk cukup tinggi sehingga warga merasa lebih aman. Seperti keluarga Hendra Mulyanto, 43 yang berasal dari Kampung Sawah, Desa Labuan. Dia mengungsi bersama istri, dua anaknya yang masih balita, adik ipar dan kerabat lain. “Kalau rumah memang agak jauh dari pantai. Tapi namanya musibah siapa yang tahu. Makanya lebih aman di sini,” kata Hendra yang ditemui di pengungsian di Lapangan Futsal Labuan, Pandeglang, kemarin (26/12).

Dia berharap pelayanan di lokasi pengungsian bisa lebih baik. Terutama pada distribusi bantuan seperti selimut atau permakanan. “Ya pembagianya lebih adil lagi. Lebih merata,” harapnya.

Lita Febriani, pengungsi lain, juga berharap agar petugas di pengungsian lebih perhatian. “Saya minta pop mie saja  dioper sana oper sini. Ya namanya juga lagi kepengen,” ujar perempuan yang sedang hamil tiga bulan itu.

Koordinator posko pengungsi Labuan Abu Salim menyebutkan sudah berupaya memberikan bantuan  yang maksimal kepada para pengungsi. Namun, mereka juga tidak bisa begitu saja memenuhi permintaan semua pengungsi. “Seperti kalau memberikan bantuan barang juga harus hati-hati. Agar tidak berebut,” ujar dia. Pemberian makanan ringan untuk anak misalnya dibarengkan saat anak-anak pengungsi diajak bermain bersama. Di lokasi pengungsian itu tak kurang 600 orang yang tinggal.

Kemarin juga tampak para keluarga atau rekan korban yang mengurusi barang-barang berharga milik korban. Seperti terlihat di Tanjung Lesung Beach Hotel mobil-mobil milik korban mulai didata dan diangkut oleh pemilik atau kerabat. Misalnya yang dilakukan Manajer Seventeen Herman Andrew Bong yang sedang mengurusi mobil Honda Freed Putih milik Riefian Fajarsyah, vokalis Seventeen.

Dengan pendampingan dua polisi, mobil tersebut dicek kondisinya. Alarm mobil terdengar berbunyi berkali-kali saat dicek. “Kami juga periksa cottage yang kemarin ditempati. Untuk ngecek barang-barang disana,” ungkap pria yang akrab disapa Acong itu.

Pasca terjadi tsunami, kondisi di Pandeglang berangsur-angsur pulih. Namun, kemarin (26/12) terjadi banjir yang diprediksi dampak dari berbagai sampah akibat tsunami. Banjir tersebut terjadi di Pasar Labuhan, Pandeglang, Banten.

Banjir rata-rata setinggi pinggang orang dewasa. Warga Pasar Labuhan M. Yuli menjelaskan bahwa banjir terjadi sejak pukul 06.00. Banjir menggenangi hampir 9 desa. “Karrna Banjir ini banyak yang mengungsi ke kecamatan,” tuturnya.

Sebenarnya daerah tersebut memang hampir tiap tahun Banjir akibat luapan air Sungai Cipunten Agung, sungai yang bermuara di pantai Carita. “Namun baru kali ini Banjir sebesar ini,” tuturnya.

Kalau dari informasi yang didapatnya, kemungkinan banjir ini akibat banyaknya barang-barang yang hanyut akibat tsunami. Akhirnya, barang-barang tersebut menghambat laju air Sungai Cipunten Agung.

Sementara Kabagpensat Divhumas Polri Kombespol Yusri Yunus menjelaskan bahwa memang terjadi banjir yang diduga akibat berbagai barang yang hanyut karena tsunami. Polda Banten masih berupaya untuk membantu segera mengalirkan air. “Kami berupaya mengambil barang-barang yang menghambat aliran air,” ujarnya.

Akibat banjir itu, lanjutnya, memang terjadi pengungsian di sejumlah titik. Yang pasti, Polri akan membantu para pengungsian. “Jadi ada dua pengungsi karena tsunami dan karena banjir,” terangnya.

Sementara itu, korban tewas akibat tsunami di Selat Sunda terus bertambah seiring masih terus dilakukannya operasi pencarian dan penyelamatan (SAR). Hingga kemarin (26/12) pukul 13.00 WIB, tercatat 430 orang meninggal dunia dan 159 lainnya hilang.

Selain itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mencatat 1.495 luka dan jumlah pengungsi mencapai 21.991 orang. Sementara kerusakan properti meliputi 924 rumah, 73 penginapan, 60 warung, 434 perahu dan kapal, 24 kendaraan roda 4, 41 kendaraan roda 2, dan masing-masing 1 dermaga dan shelter.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang telah menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari terhitung sejak sabtu (22/12) hingga jumat (4/1) Januari mendatang. Sementara Kabupaten Lampung Selatan menetapkan masa tanggap darurat selama 7 hari dimulai pada minggu (23/12) hingga sabtu (29/12) mendatang.

Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa operasi SAR yang dilakukan oleh petugas gabungan difokuskan untuk mencari korban baik di laut maupun di daratan. Sementara distribusi bantuan logistik difokuskan untuk menjangkau daerah-daerah yang belum terjangkau. Utamanya di Kecamatan Sumur di selatan Pandeglang.

Dari sekitar 6 desa yang sebelumnya terisolasi di Kecamatan Sumur, Pandeglang, petugas sudah berhasil mencapai Taman Jaya dan Tunggal Jaya di Kecamatan Sumur. “Sudah didirikan rumah sakit lapangan juga di sana,” kata Sutopo kemarin.

Sutopo mengatakan bahwa bantuan logistik dialirkan melalui beberapa jalur. Yakni jalur darat, laut dan udara. Jalur darat masih sulit karena selain banyak ruas jalan yang rusak, banyak masyarakat yang berseliweran mencari keluarganya, atau mencari tempat yang aman. “Bahkan ada beberapa yang datang dari luar daerah. Mereka mencari kabar akan keluarganya. Ada yang cuma penasaran pengen liat-liat tsunami,” katanya.

Ada total 11 helikopter yang dioperasikan baik untuk SAR dan dropping logistik ke area-area yang masih terisolasi. Sutopo mengatakan, bahwa operasi SAR kerap terganggu karena faktor cuaca ekstrim dan isu tsunami susulan yang membuat banyak petugas takut mendekat ke pantai.  “Bahkan di labuan sekarang terjadi banjir,” katanya.

Sementara itu, Kemenhub mengevakuasi total 1.200 orang penduduk dari Pulau Sebuku dan Sebesi. Komplek kepulauan yang terdekat dengan Krakatau.  Para penduduk tersebut diangkut dengan kapal ferry ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. “Selanjutnya seluruh pengungsi dibawa ke Pendopo Kabupaten Lampung Selatan,” tutur Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo.

Agus mengatakan, Kementerian Perhubungan akan terus berupaya memberikan dukungan dan bantuan kepada para korban tsunami di Selat Sunda. , baik berupa sarana transportasi maupun bantuan kemanusiaan lain yang dibutuhkan.

Aktivitas GAK yang terus meningkat membuat beberapa warga pulau Sebesi memilih untuk mengungsi. Namun, menurut salah satu warga Pulau Sebesi, Umar Hadi, masih banyak juga yang memilih tetap tinggal di pulau dan menjaga rumahnya. ”Ada sekitar 1.500 an orang yang masih di Sebesi. Mereka tinggal karena rumah mereka disini sejak dahulu,” katanya saat dihubungi lewat telepon.

Sesuai rekomendasi dari BMKG, BPBD Pandeglang dan Banten menghimbau pada masyarakat untuk tidak beraktivitas di area 500 meter dari pantai untuk mengantisipasi adanya tsunami susulan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama Badan Geologi terus memantau aktivitas tremor Gunung Anak Krakatau (GAK). Selain itu juga melakukan pemantauan kondisi cuaca ekstrem dan gelombang tinggi. Sebab kondisi tersebut dapat memicu longsor tebing kawah ke laut dan memicu terjadinya tsunami.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan BMKG meminta masyarkat di pesisir pantai selat Banten untuk tetap waspada. ’’Menghindari lokasi pesisir atau pantau dalam radius 500 meteri hingga 1 km,’’ katanya. BMKG belum menginformasikan peringatan ini bakal diberlakukan sampai kapan. Sebab kondisi GAK terus mengalami erupsi.

Secara umum kondisi cuaca di sekitar GAK diperkirakan hujan ringan hingga sedang pada malam sampai dini hari. Sementara itu hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, juga berpotensi mengguyur sekitaran GAK. Sementara itu angin bertiup ke arah barat daya dan barat dengan kecepatan maksimum 20-25 km/jam.

BMKG juga memantau tinggi gelombang laut di sekitaran GAK. BMKG memperkirakan tinggi gelombang berkisar 0,75 km sampai 1,5 km pada 25 Desember. Kemudian pada 26 Desember tinggi gelombang bisa mencapai 2 meter pada siang hari dan 1,25 meter pada malam hari.

Dwikorita menjelaskan masyarakat supaya terus memantau perkembangan informasi melalui saluran media sosial resmi BMKG. Selain itu juga menatau kondisi GAK melalui aplikasi Magma Indonesia milik Badan Geologi Kementerian ESDM. ’’Masyarakat agar tidak mudah terpancing isu-isu yang menyesatkan,’’ jelasnya.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), status GAK belum berubah. Masih pada status level II (Waspada). Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Wawan Irawan mengungkapkan, gempa tremor terus menerus terjadi dengan amplitudo 9-35 mm (dominan 25 mm).

Lontaran material dan debu masih tebal dan puncak kawah tidak teramati. “Angin kencang bertiup ke arah utara dan timur laut. Masyarakat dan wisatawan tetap tidak boleh beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah,” katanya.

Sementara itu Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Abdurrahman M. Fachir menegaskan sampai saat ini tidak ada rencana membuka akses bantuan internasional untuk penanganan tsunami selat Sunda. ’’Ucapan simpati dan bela sungkawa dari internasional banyak,’’ katanya di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) kemarin. Namun dia menegaskan tidak ada rencana membuka akses bantuan internasional, seperti saat penanganan bencana alam di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin turut menyampaikan keprihatinan dan duka cita atas bencana tsunami di selat Sunda. Kepada keluarga korban, Din berpesan supaya bisa bersabar dan tawakal. Menurutnya bencana di Pandeglang itu menambah daftar bencana alam sebelumnya. Yakni di Lombok dan Palu.

’’Dewan Pertimbangan MUI menyerukan kepada bangsa, khususnya umat Islam, untuk semakin meningkatkan hubungan dengan Sang Pencipta,’’ katanya. Upaya meningkatkan hubungan dengan Sang Pencipta itu, menurut Din, bisa dilakukan melalui berdoa dan istighfar. Supaya negeri ini dibebaskan dari malapetaka dan bahaya. Selain itu seluruh ormas Islam dihimbau untuk menjalankan aksi kemanusiaan.( (Jawa Pos/JPG)