Midji-Norsan Rajai Dua Kecamatan

Midji - Norsan

eQuator.co.id – Sekadau-RK. Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara yang digelar KPU Sekadau di Mess Pemkab Sekadau, Rabu (4/7), memastikan perolehan suara tiga pasangan calon (Paslon) Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalbar di Kabupaten Sekadau. Dua dari tujuh kecamatan se-Kabupaten Sekadau dimenangkan pasangan Sutarmidji-Ria Norsan.

Rapat pleno terbuka itu mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian, maupun TNI. Setiap peserta diperiksa menggunakan pendeteksi logam di pintu masuk tempat pelaksanaan rapat pleno.

Selain jajaran KPU, pleno dihadiri Panwaslu Sekadau dan para saksi dari paslon yang bertarung. Ikut hadir juga Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi SIK, Danramil 1204-15 Sekadau Hilir Kapten Inf Indra Fiansyah Chaniago, serta Sekda Sekadau Drs H Zakaria Umar MSi.

Pleno dimulai pukul 09.00 WIB. Tiap-tiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) membacakan hasil rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. Setelah itu, hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan diakumulasi, dan hasilnya ditetapkan sebagai hasil akhir perhitungan suara tingkat Kabupaten Sekadau.

Komisioner KPU Sekadau, Marikun saat membacakan hasil rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Sekadau memaparkan, perolehan masing-masing calon. Adapun perolehan itu, Paslon Cagub-Cawagub Nomor Urut 1, Milton Crosby-Boyman Harun memperoleh suara sebanyak 22.480.

Paslon Nomor Urut 2, Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot meraup suara terbanyak dengan perolehan 52.087 suara. Sementara, Paslon Nomor Urut 3, Sutarmidji-Ria Norsan memperoleh 34.316 suara. “Jumlah pemilih 146.841 jiwa. Jumlah suara sah 108.883, suara tidak sah 1.232. Total suara sah dan tidak sah sebanyak 110.115 suara,” papar Marikun.

Hasil perhitungan suara tersebut disetujui oleh semua saksi dari tiap-tiap paslon. Proses jalannya rapat pleno pun lancar dan aman. Dari tujuh kecamatan yang ada di Sekadau, pasangan Milton-Boyman unggul di Kecamatan Belitang Hulu. Sementara pasangan nomor urut 2. Karolin-Gidot, unggul di Kecamatan Sekadau Hulu, Belitang Hilir, Nanga Taman dan Nanga Mahap.

Sementara pasangan Sutarmidji-Norsan, berhasil unggul di Kecamatan Sekadau Hilir dan Kecamatan Belitang. “Walau pun secara keseluruhan di Sekadau kita kalah, tapi kita berhasil menang di dua kecamatan,” ujar Ovarinusa SSos, salah seorang saksi dari tim Paslon Midji-Norsan.

Oos berterimakasih kepada masyarakat yang sudah memilih Midji-Norsan. “Mudah-mudahan amanah yang diberikan masyarakat ini, bisa kami emban dengan baik,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban kepada wartawan mengatakan, proses berjalannya Pilgub di wilayah Kabupaten Sekadau terbilang lancar dan sesuai harapan. “Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak, tim paslon, parpol, aparat keamanan dan seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi menyukseskan jalannya pemilu di Kabupaten Sekadau,” ucap Saban. (bdu)