Jembatan Sungai Kempas Nyaris Ambruk

Keselamatan Warga yang Melintas Terancam

Jembatan Rusak. Warga berjibaku melakukan perbaikan sementara agar jembatan Sungai Kempas tetap bisa dilalui warga, Kamis (28/6). Handika for Rakyat Kalbar
Jembatan Rusak. Warga berjibaku melakukan perbaikan sementara agar jembatan Sungai Kempas tetap bisa dilalui warga, Kamis (28/6). Handika for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Melawi-RK. Jembatan Sungai Kempas yang menghubungkan antara Desa Sungai Raya dan Desa Kompas Raya, Kecamatan Pinoh Utara nyaris putus. Kondisi tersebut akibat keberadaan jembatan itu sudah bertahun-tahun tidak pernah dilakukan perawatan oleh pemerintah.

“Kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Tiang pondasinya sudah pada patah, sehingga kapan saja bisa membahayakan masyarakat pengguna jembatan,” ujar Handika seorang warga Kompas Raya yang saban hari melalui jembatan tersebut, Kamis (28/6).

Menurutnya, kerusakan jembatan tersebut sudah terjadi kurang lebih 4 tahun belakangan. Ironisnya setakat ini tidak ada perhatian serius dari Pemerintah Melawi maupun Pemerintah Desa.

“Khawatir jembatan itu roboh saat dilintasi, karena pondasi jembatan sudah tidak berada pada semestinya. Kalau kita melintasi jembatan ini menggunakan kendaraan motor maupun berjalan kaki terasa bergoyang seperti mau roboh. Mungkin bukan saya saja yang mengalami. Semua warga juga merasakan goyang,” keluhnya.

Warga Kompas Raya lainnya, Agus menambahkan, kerusakan tersebut memang sangat mengkhawatirkan serta membahayakan masyarakat. Khususnya bagi pengguna jembatan yang saban hari melalui fasilitas penghubung antardesa tersebut.

“Hingga kini tak ada perhatian dari pemerintah untuk memperbaiki jembatan yang lebarnya 4 meter. Dengan panjang kurang lebih 15 meter ini. Kami khawatir jika tidak direhab jembatan ini akan roboh. Oleh karena itu, kami bersama warga bergotong royong memperbaiki jembatan. Dengan membuat tiang pondasi dari kayu seukuran badan anak kecil. Untuk membantu pondasi yang ada,” terangnya.

Agus menjelaskan, jembatan tersebut sudah beberapa kali mengalami kerusakan. Namun hanya direhab secara swadaya oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan bahan seadanya. Melihat kondisi jembatan tersebut harusnya sudah layak dibangun kembali menggunakan material beton agar kuat saat dilintasi masyarakat.

“Sudah sangat sering masyarakat secara swadaya menanggulangi jembatan ini agar tetap bisa digunakan. Namun jika melihat kondisi pondasinya yang sudah pada tumbang dan bergeser. Saya rasa tidak lama lagi jembatan ini akan roboh. Sehingga kami berharap ada upaya perbaikan dari instansi terkait terutama Pemkab dan DPRD Melawi,” tegasnya. (ira)