Sambut Ramadan, Ribuan Warga Pawai Akbar

Memupuk Semangat Ukhuwah Islamiyah Sesama Umat

LAMBAIAN TANGAN. Mahmudah melambaikan tangan melepas peserta pawai akbar di depan Kantor Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Usman, Minggu (13/5). Gusnadi-RK
LAMBAIAN TANGAN. Mahmudah melambaikan tangan melepas peserta pawai akbar di depan Kantor Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Usman, Minggu (13/5). Gusnadi-RK

eQuator.co.idPONTIANAK-RK. Menyambut bulan suci Ramadan 1439 Hijriyah, ribuan umat Muslim Kota Pontianak pawai akbar, Minggu pagi (13/5). Pjs Wali Kota Pontianak Mahmudah melepas langsung pawai akbar tersebut di Jalan Rahadi Usman.

Pemerintah Kota Pontianak selaku panitia pawai akbar membagi kegiatan menjadi dua bagian. Untuk jalan kaki dan kendaraan hias. Peserta pawai jalan kaki dan kendaraan hias bernuansa Islami.

“Mari kita ciptakan suasana yang kondusif, selalu menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan sehingga masyarakat Pontianak selalu dalam keadaan tentram dan damai, dapat menerima perubahan ke arah yang lebih baik serta selalu maju di dalam kebersamaan,” ajak Mahmudah.

Melalui Pawai Akbar ini, Mahmudah berharap dapat menjadi wadah memupuk semangat Ukhuwah Islamiyah sesama umat dan bentuk kegembiraan dalam menyambut bulan puasa.

“Mari kita sambut Ramadan dengan rasa syukur dan suka cita. Karena Ramadan merupakan kesempatan yang diberikan Allah kepada kita untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya serta meningkatkan kualitas ibadah kita,” terangnya.
Sebagaimana diketahui, Ramadan bersamaan dengan momen politik Pilkada serentak. Baik pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Pontianak maupun pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar. Untuk itu, Mahmudah mengajak seluruh pihak untuk tetap menjaga stabilitas dan kondusivitas daerah. Agar tetap rukun dan damai.

Selain itu, ia meminta kesadaran politik masyarakat untuk mendukung seluruh proses pembangunan, termasuk menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya. Baik pada Pilwako, Pilgub maupun Pilpres dan Pileg yang akan datang. “Gunakan hak pilih saudara untuk Indonesia lebih maju,” seru Mahmudah.

Ketua Umum PHBI Kota Pontianak, Raihan menyatakan, pawai akbar ini diikuti pengurus masjid, majelis taklim, pondok pesantren, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Pontianak, BUMN/BUMD serta pelajar SMP/MTs maupun SMK/SMA/MA sederajat. Temanya pawai akbar kali ini ‘Melalui Pawai Akbar Mari Kita Jadikan Bulan Suci Ramadan Untuk Meningkatkan Kualitas Takwa Demi Terwujudnya Perilaku Hidup Sesuai Tuntutan Allah SWT. Adapun rute pawai yang dilalui peserta jalan kaki mulai dari depan Kantor Wali Kota Pontianak (Jalan Rahadi Usman), Jalan Pak Kasih, Hasanuddin, Merdeka, Jenderal Urip, Jenderal Sudirman dan finish kembali ke Jalan Rahadi Usman.

Sementara rute peserta pawai kendaraan hias, start Jalan Rahadi Usman, Pak Kasih, Hasanuddin, H Rais A Rahman, Husin Hamzah, Ampera, Prof M Yamin, Sultan Syahrir, Sultan Syarif Abdurrahman, Ahmad Yani, Abdurrahman Saleh, Adi Sucipto, Imam Bonjol, Tanjungpura dan finish kembali ke depan Kantor Wali Kota Pontianak. Raihan berharap, melalui momentum pawai akbar ini dapat membudayakan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai bentuk pengamalan terhadap ajaran-ajaran Islam untuk meningkatkan kualitas ibadah umat dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

 

Laporan: Gusnadi

Editor: Arman Hairiadi