Runway Bandara Supadio Ditambah

Sedang Proses Lelang Proyek

Ilustrasi. NET

eQuator.co.idPONTIANAK-RK. PT. Angkasa Pura II berencana memperpanjang runway Bandara Internasional Supadio Kubu Raya. Dengan adanya penambahan landasan pacu tersebut, sehingga dapat melayani pendaratan pesawat berbadan besar.

Saat ini, rencana proyek tersebut tengah proses lelang. Ditargetkan paling lambat lelang selesai akhir tahun 2018.

“Sedang dalam proses lelang proyek. Targetnya, paling cepat pertengahan tahun atau akhir 2018 paling lambat sudah ditetapkan pemenang lelang,” ungkap General Manager PT. Angkasa Pura II Bandara Internasional Supadio Pontianak, Jon Mukhtar Rita, Sabtu (24/3).

Landasan pacu Bandara Supadio akan diperpanjang menjadi 3.000 meter. Saat ini, Bandara kebanggaan masyarakat Kalbar itu memiliki landasan pacu 2.250 meter dan lebar 45 meter. Dengan memungkinkan pesawat berbadan besar mendarat di Bandara Supadio, akan lebih banyak rute penerbangan. Terutama rute penerbangan internasional.
“Mudah-mudahan dua tahun dari sekarang sudah jadi (perpanjangan landasan pacu), sehingga tipe pesawat A320 atau A330 bisa mendarat,” harapnya.

Nilai investasi untuk proyek runway tersebut sebesar Rp300 miliar. “Lahan sudah ada, dan anggaran yang kami siapkan sekitar Rp300 miliar,” sebutnya.

Di samping itu, perpanjangan landasan pacu juga untuk menghadapi demand dari maskapai penerbangan yang membuka rute di atas waktu tempuh 2 jam. Apalagi jumlah peak season di Kalbar cukup banyak.

“Peak season di sini tidak hanya musim liburan, Natal, Tahun Baru, maupun Lebaran, tapi juga ada tahun baru Imlek, perayaan Cheng Beng (sembangyang kubur etinis Tionghoa) dan lain sebagainya,” tuturnya.

Dikatakannya, pada 2018 ini penumpang di Bandara Supadio diperkirakan akan terjadi peningkatan sekitar 10 sampai 20 persen dari realisasi tahun lalu sebanyak 3,7 juta penumpang. Kapasitas terminal saat ini dapat menampung 3,8 hingga 4 juta penumpang. (agn)