Disdukcapil Kubu Raya Buka Layanan di Hari Libur

Antisipasi Membludaknya Pengurusan e-KTP Jelang Pilkada Serentak 2018

Hasil Rekaman. Ratusan warga yang ingin mengambil hasil rekaman data e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kubu Raya, kemarin. Syamsul Arifin/RK. Insert Foto: Adriansyah

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Mengantisipasi membludaknya masyarakat yang mengurus e-KTP menjelang perhelatan pesta akbar demokrasi Pilkada Serentak 2018, Dinas Kependudukan dan Catatan (Didukcapil) Kubu Raya melakukan inovasi serta mengambil kebijakan pelayanan kependudukan pada Sabtu dan Minggu.

“Pelayanan kependudukan Dinas Dukcapil Kubu Raya biasanya dilakukan pada hari kerja yaitu Senin sampai Jumat,” ujar Kepala Disdukcapil Kubu Raya, H Adriansyah, Selasa (16/7).

Namun, H Adriansyah menambahkan, menjelang perhelatan pesta akbar demokrasi Pilkada Serentak 2018, pihaknya tidak hanya membuka layanan kependudukan di hari kerja saja, melainkan juga dibuka pada Sabtu dan Minggu yang biasanya merupakan hari libur dalam memberikan pelayanan masyarakat.

“Terhitung mulai tanggal 13 Januari 2018 yang lalu, pelayanan pada hari libur ini dimulai pukul 09.00-12.00 WIB,” ucapnya.

Menurutnya, pelayanan kependudukan yang dilakukan pada hari libur oleh Disdukcapil Kubu Raya akan berakhir pada 27 Juni mendatang. “Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan baik. Khususnya bagi masyarakat yang tidak dapat menangani dokumen kependudukan pada hari kerja,” ulasnya.

Untuk itu, Disdukcapil Kubu Raya siap melayani masyarakat yang ingin melakukan pembuatan KTP, KK dan Akte tanpa dipungut biaya. “Makanya kami harap semua masyarakat Kubu Raya mengetahui layanan di hari libur tersebut,” tutur H Adriansyah.

H Adriansyah mengungkapkan, di hari biasa pelayanan di Disdukcapil Kubu Raya juga dilakukan di tingkat kecamatan. “Namun terkadang ada kendala dari jaringan internet. Kalau prosesnya bisa masuk dan cepat diterima di pusat maka langsung selesai. Makanya dengan adanya pelayanan di hari libur kita buktikan bahwa Dinas Dukcapil bisa melayani masyarakat dengan baik,” tegasnya.

Tak hanya itu, H Adriansyah menegaskan, Disdukcapil senantiasa menggencarkan program mobile e-KTP guna memudahkan masyarakat melakukan perekaman data.

“Ini banyak yang tidak tahu atau malas untuk mengurus. Tapi, kami tetap melakukan jemput bola yang dikoordinir oleh kecamatan dan Desa,” ulasnya.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe