BPBD Serahkan Bantuan Korban Angin Puting Beliung

Serahkan Bantuan. Kepala BPBD Kayong Utara, Agus Rudi Suandi menyerahkan bantuan kepada warga di Desa Dusun Besar yang rumahnya diterjang angin puting beliung, Kamis (28/12). BPBD for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Sukadana–RK. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kayong Utara menyerahkan bantuan kepada korban puting beliung di Desa Dusun Besar, Kecamatan Pulau Maya.

Sekadar diketahui bahwa bencana puting beliung tersebut terjadi pada Selasa (26/12) sekitar pukul 03.00 WIB.

Kepala BPBD Kayong Utara, Agus Rudi Suandi, SE yang langsung menyerahkan bantuan mengatakan, kehadiran BPBD di daerah kepulauan tersebut guna memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana angin puting beliung.

“Saya sampaikan kepada kepala desa bahwa kahadiran kami ini perwakilan dari pemerintah daerah,” ujar Agus Rudi Suandi, Kamis (28/12).

Sementara itu, saat ini beberapa rumah yang rusak ringan hingga rusak parah sudah berangsur-rangsur diperbaiki. Bahkan, Agus Rudi Suandi merasa bangga kepada masyarakat setempat yang masih memegang tradisi gotong royong. “Gotong royong di sana sangat besar. Ada rumah yang rusak bagian depannya, bahkan ada semuanya rusak,” ucapnya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan ini mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Padahal bila melihat jam kejadian pada subuh hari sangat rawan memakan korban, tepatnya pukul 03.00 WIB. Apalagi masyarakat masih banyak dalam keadaan terlelap. “Tidak ada korban jiwa. Padahal kejadian itu pada pukul 3 subuh,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Agus menambahkan, pihaknya sering memberikan imbauan kepada masyarakat, khususnya nelayan terhadap cuaca ekstrem yang saat ini dapat terjadi setiap waktu.

“Cuaca ekstrem ini, saya sudah sering berpesan khususnya kepada masyarakat nelayan. Cuaca seperti ini sering datang tiba-tiba serta tidak dapat dibaca. Bisa subuh, pagi maupun siang,” ingatnya.

Menurut pantauannya, ombak lebih tenang di pagi hari. “Di atas jam 12 memang gelombang sangat tinggi dan nelayan perlu berhati-hati. Ikan juga sulit di musim seperti ini,” ulasnya.

Reporter: Kamiriluddin

Redaktur: Andry Soe