Pawai Taaruf Wujud Ukhuwah Islamiyah

PAWAI TAARUF. Sekda Sambas, Drs Uray Tajudin MSi bersama Ketua LPTQ Kabupaten Sambas, Ir Hasanusi dan Camat Semparuk, Jumli SIP melepas Pawai Taaruf Kontingen MTQ Kabupaten Sambas ke-28, Selasa (26/12) di Halaman SDN 6 Kecamatan Semparuk. Sairi

eQuator.co.id – Sambas-RK. Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Sambas ke-28 diikuti seluruh kontingen dari 19 kecamatan, Selasa (26/12). Selain meningkatkan silaturahmi, kegiatan tersebut diharapkan semakin memperkuat ukhuwah islamiyah antarumat Muslim Kabupaten Sambas.

“Insya Allah, MTQ menjadi pengingat bagi kita mengenai kewajiban selaku umat Islam, sesuai ajaran dan tuntunan agama. Paling tidak, meningkatkan persatuan dan silaturahmi,” ujar Sekda Sambas, Drs Uray Tajudin MSi ketika melepas peserta Pawai Taaruf MTQ Kabupaten Sambas ke-28 di Halaman SDN 6 Kecamatan Semparuk.

Rute pawai yang menjadi agenda awal sebelum MTQ secara resmi dibuka, dimulai dari Halaman SDN 6 Semparuk menuju lokasi utama pelaksanaan MTQ, yakni Lapangan Sepakbola Dusun Semparuk Sebangkau, Desa Semparuk.

Pemkab Sambas, kata Sekda, mengharapkan pelaksanaan MTQ di Kecamatan Semparuk berlangsung lancar, baik dan sukses. “Kita tetap berusaha meminimalisir kekurangan yang ada. Semoga MTQ bisa meningkatkan dan memperbaiki perbuatan kita menjadi lebih baik,” harapnya.

Sekda mengimbau, seluruh kontingen agar selalu menjaga kesehatan dan konsentrasi terhadap tugas dan kewajibannya selama pelaksanaan MTQ yang akan digelar hingga Minggu (31/12) mendatang. “Makanan yang dikonsumsi perlu dijaga selama MTQ kurang lebih seminggu. Kita juga mengingatkan para ketua kontingen menjaga anggotanya, agar pencapaian masing-masing kontingen selama MTQ bisa maksimal,” ungkapnya.

Pelepasan peserta pawai taaruf juga dihadiri Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Sambas Ir H Hasanusi, seluruh kepala desa se-Kecamatan Semparuk dan ratusan kontingen MTQ, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Semparuk dan tokoh agama. Pengamanan juga dilakukan jajaran Polsek Semparuk, TNI dan ormas Pemuda Pancasila.

Sementara itu, Camat Semparuk, Jumli SIP mengatakan, pawai taaruf merupakan bagian dari rangkaian kegiatan MTQ Kabupaten Sambas di Kecamatan Semparuk. “Pawai ini juga untuk melihat kesiapan kafilah kontingen seluruh kecamatan se-Kabupaten Sambas yang telah hadir untuk mengikuti MTQ ke-28 di Kecamatan Semparuk,” tuturnya.

Selain peserta dan pengurus kontingen dari setiap kecamatan, pawai taaruf diikuti BKMT Kecamatan Semparuk dan tokoh masyarakat. “Keseluruhan kafilah MTQ yang hadir di Kecamatan Semparuk mencapai 850-an orang,” ungkapnya.
Jumli mengimbau masyarakat Semparuk agar menyambut tamu-tamu Allah SWT ini dengan keramahtamahan, menampilkan lingkungan yang baik, bersih dan indah. “Alhamdulillah, seluruh masyarakat Kecamatan Semparuk khususnya warga Dusun Semparuk Sebangkau sangat mendukung dan membantu penuh selama kegiatan ini. Selama persiapan ini kita bersama-sama masyarakat selalu bergotong royong untuk persiapan dan kesiapan pelaksanaan MTQ,” bebernya.

 

Reporter: Sairi

Editor: Yuni Kurniyanto‎