Jukir dan Preman Pasar Buton Diamankan

BIKIN RESAH: Preman dan jukir liar di Pasar Buton diberi pembinaan di Mapolsek Balikpapan Utara, kemarin.RIDHUAN/KALTIM POST

eQuator.co.id BALIKPAPAN. Bersih-bersih juru parkir liar (jukir) dan preman, kemarin (15/6) dilakukan jajaran Polsek Balikpapan Utara di sejumlah tempat. Salah satunya menyasar pasar yang dianggap rawan tingkat kriminalitas. Hasilnya, lima orang jukir liar dan preman yang meresahkan masyarakat sekitar Pasar Buton digelandang petugas.

“Mereka yang kami tangkap adalah jukir liar yang dalam aktivitasnya mengganggu ketertiban pengguna jalan. Selain itu, kami juga turut mengamankan preman yang selama ini sering meminta uang dengan paksaan kepada pedagang pasar. Aktivitas mereka jelas sudah meresahkan masyarakat,” terang Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Sopyan melalui Panit Reskrim, Iptu Subari.

Lima orang tersebut adalah warga Balikpapan Utara. Masing-masing berinisial Al (25), Juf (29), Dan (17), Rus (30), dan Jal (36). Semua ditangkap di kawasan pasar yang terletak di Jalan MT Haryono itu.

“Lokasi tersebut sudah jadi langganan kemacetan. Akibat penyempitan jalan karena adanya parkir liar. Sehingga dengan penertiban jukir liar ini bisa membantu kelancaran arus kendaraan yang melintas dan mengurangi kemacetan,” ujarnya.

Kelima warga tersebut kemudian digiring ke Mapolsek Balikpapan Utara. Mereka didata dan diperiksa. Selain itu, dilakukan pembinaan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi. “Jadi, masyarakat tak lagi diresahkan,” pungkasnya. (jpg/rdh/rsh/k15)