Wagub Puji Kerja Petugas Damkar

CEK MOBIL. Wakil Gubernur Christiandy Sandjaya ditemani Bupati H. Atbah Romin Suhaili mengecek mobil pemadam kebakaran di Tebas, Sambas, Sabtu (11/3). RINTO HUMAS FOR RAKYAT KALBAR

eQuator.co.idSambas-RK. Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar, Drs. Christiandy Sandjaya, MM memuji loyalitas kinerja petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang berani meredakan amukan api dan mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan orang banyak.

“Sosok petugas Damkar itu tangguh. Siap siaga dalam penyelamatan nyawa manusia. Mengabdi dengan ikhlas, tanpa pamrih, tidak mengharap pujian atau sanjungan,” ucap Christiandy Sandjaya ketika menghadiri peringatan HUT ke 5 Damkar Aura Srikandi Tebas di Sambas, Sabtu (11/3).

Pemerintah, kata Christiandy, sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas kinerja Damkar Aura Srikandi yang sudah berpartisipasi. Apalagi mengabdi secara suka rela. Bahkan selalu siap siaga dalam memadamkan kobaran api di pemukiman warga atau gedung publik.

Musibah kebakaran memang tidak mengenal tempat dan waktu. Buntutnya tetap menyisakan kerugian. Bahkan boleh jadi berdampak lebih buruk, ekonomi bisa saja mundur.

Oleh karena menghargai jasa para petugas Damkar, pemerintah akhirnya memberikan perhatian dengan menetapkan 1 Maret sebagai hari bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dijelaskan, ada tiga komponen utama yang berperan penting dalam penanggulangan bencana. Yakni pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

Hari bersejarah Damkar ditetapkan pemerintah sebagai tanda untuk mengenang kebakaran besar yang melanda Pasar Melayu pada 1991. Lokasi persisnya, di Jatinegara, Kampung Melayu. Kebakaran itu berhasil dipadamkan petugas. Kini dikenal dengan Brandweer Batavia.

“Walau berisiko tinggi, bahkan mempertaruhkan nyawa, tapi petugas tak kenal lelah. Bahkan pantang pulang sebelum api padam. Padahal nyawa taruhannya,” seru Christiandy.

Pesan Wagub Christiandy, saat ini kondisi alam selalu berubah setiap waktu. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan bisa menjaga lingkungan dengan baik, serta memperhatikan berbagai aspek penting untuk mencegah kebakaran.

Selain mengundang Wagub Christiandy, Damkar Aura Srikandi Tebas turut mengundang Bupati dan Wakil Bupati Sambas termasuk kolega. (dsk)