Ingin Jadi Nomor Satu, Picu Sebaran Berita Hoax

Perjuangan Menangkal Berita Bohong di Dunia Maya

TURN BACK HOAX. Menkominfo Rudiantara (keempat kanan) bersama MAFI mendeklarasikan Gerakan Anti Hoax di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/1). Miftahulhayat-Jawa Pos

Berita hoax alias bohong telah merasuki banyak sendi kehidupan. Masyarakat menjadi korban. Untung, ada pihak yang peduli dan mengobarkan perang melawan berita hoax.

Hilmi S.-M. Salsabyl, Jakarta

eQuator.co.id – Foto yang tersebar luas di dunia maya itu menggambarkan sebuah kantor di Jakarta. Ada tulisan dan ornamen Tiongkok. Sekilas suasananya seperti di Tiongkok beneran. Apalagi dilengkapi tulisan bahwa itu adalah markas tentara Tiongkok.

Benarkah? Publik tentu tidak percaya begitu saja. Salah satunya adalah Ketua Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFI) Septiaji Eko Nugroho. Dia pun melakukan klarifikasi langsung ke lapangan.

”Kebetulan, ada salah satu anggota relawan kami yang dekat dengan lokasi foto itu,” katanya saat ditemui di gedung TIK Nasional, Ciputat, Tangerang Selatan (6/1).

Usut punya usut, itu memang bukan markas tentara Tiongkok. Melainkan kantor koran berbahasa Tiongkok Guo Ji Ri Bao, salah satu koran Jawa Pos Group.