Berhasil Tidaknya Usaha Bisa Dilihat Setelah 6 Bulan Berjalan

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Owner Liawara untuk produk-produk usaha kerajinan tangan, industri pengolahan dan pengemasan pangan, Mardhiyah mengatakan berhasil tidaknya sebuah usaha yang dijalankan dapat dilihat setelah enam bulan kedepan.

“Berhasil tidaknya suatu usaha, baru bisa dinilai minimal enam bulan usaha itu berjalan,” katanya, kemarin.

Menurut perempuan kelahiran Pontianak 5 Agustus 1978 ini, yang namanya bisnis memang memerlukan waktu cukup. sehingga dalam waktu enam bulan minimal tersebut, pemula biasanya sudah dapat memutuskan langkah apa yang perlu diambil. Untuk itu, saran dia, selama masih dalam fase merintis, pengusaha pemula jangan melakukan investasi yang terlalu besar dulu. “Jangan jor-joran untuk produksi produknya jika belum tahu pasti pasarannya dimana,” ujarnya.

Untuk itu, Mardhiyah menyampaikan, seorang pengusaha pemula harus menyiapkan mental yang baik, sebelum terjun ke dunia usaha. “Mental untuk siap gagal dan berani untuk terus mencoba, mencoba, mencoba lagi serta bisa membaca peluang pasar. Jangan punya jiwa dan mental persaingan yang tidak sehat,” camnya.

Mardhiyah tidak mempermasalahkan adanya beberapa kalangan pengusaha pemula yang langsung melakoni banyak bisnis diawal-awal terjun. Menurutnya selama sang pemula tersebut mampu, termasuk mampu membaca peluang pasarnya, jalankan saja. “Sepanjang mereka sudah membaca peluang pasar, dan produknya punya keunggulan serta punya daya saing dengan produk-produk yang lain,” katanya.

Ibu dari Lia, Wawa dan Rafi ini mulai terjun ke dunia usaha sejak masih gadis. Setelah menikah, tahun 2009-2013 dia mulai membuka usaha kios kecil dengan usaha depot air minum air hexagonal dan jual pulsa. Hingga pada 2015 dan sampai sekarang dia fokus menggarap usaha Liawara. (fik)