Peringatan BMKG Supadio, 4 Kabupaten/Kota Berpotensi Dihantam Angin Kencang

Ilustrasi-NET

eQuator.co.id – Sungai Raya-RK. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak mengingatkan, dalam satu pekan mendatang, empat kabupaten/kota di Kalbar berpotensi dihantam angin kencang.

“Potensi angin kencang terutama di wilayah pesisir barat seperti Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Kayong Utara dan Kota Pontianak,” kata Mega, Prakirawan BMKG Supadio Pontianak ditemui di ruang kerjanya, Senin (2/5).

Mega menjelaskan, berdasarkan hasil pantauan, sejak April hingga pertengahan Mei mendatang, beberapa awan konvektif  seperti Comolonimbus masih terus mengalami pertumbuhan. Sehingga sebagian besar wilayah Kalbar akan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat merata di seluruh wilayah Kalbar.

Untuk wilayah pesisir barat Kalbar, hujan dengan instensitas sedang hingga lebat akan disertai dengn angin kencanag dengan kecepatan 20 sampai 30 knot. “Hujan disertai angin kencang itu juga akan dibarengi dengan petir atau kilat. Jadi kita menghimbau masyarakat untuk mewaspadai angin kencang tersebut,” kata Mega.

Jika hujan, Mega mengingatkan seluruh masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon dan segera menjauhi bilboard di pinggir jalan. “Karena angin kencang yang terjadi dikhawatirkan akan menumbangkannya,” ucapnya.

Potensi hujan satu pekan mendatang ini diharapkan dapat mamadamkan beberapa titik panas (hotspot). Pasalnya, berdasarkan pantauan satelit National Ocean and Atmospheric Administration (NOAA) dan Moderate-resolution Imaging Spectroradiometer (Modis), hingga 30 April kemarin, terpantau tiga hotspot.

Mega mengungkapkan hotspot tersebut di Kota Singkawang, Kabupaten Kubu Raya dan Sanggau. “Namun, untuk nilai kepercayaannya bervariasi, belum tentu pembakaran lahan dan bisa saja itu hanya aktivitas masyarakat membakar sampah dengan skala besar, karena yang terpantau itu titik panas, bukan titik api,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk nilai kepercayaan antara 0 sampai 30 persen, merupakan kategori ringan untuk pantauan titik panas di permukaan bumi, berdasarkan pantauan dua satelit tersebut.

“Sedangkan untuk nilai kepercayaan 31 sampai 80 persen, masuk dalam kategori sedang. Lalu untuk angka 81 sampai 100 persen masuk dalam kategori tinggi. Sementara pantauan tiga titik panas tersebut masuk kategori ringan hingga sedang,” tutup Mega.

Laporan: Syamsul Arifin

Editor: Mordiadi