Wagub Ingin Semua PNS Tes HIV/AIDS

ilustrasi. net

eQuator.co.id – MATARAM – Rencana Komisi Penanggulangan HIV/AIDS untuk melakukan tes terhadap semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB mendapatkan lampu hijau dari Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin.

Orang nomor dua di NTB dan selaku pe

jabat tertinggi KPA NTB tersebut juga ingin semua PNS mengetahui statusnya. Kepada Radar Lombok, Amin mengatakan tes HIV/AIDS sangat penting dilakukan oleh semua PNS. Hal itu akan membuat penularan HIV/AIDS bisa diminimalisir. “Saya sangat dukung kalau KP

A mau lakukan tes, silahkan saja siapkan keperluannya,” ucapnya Minggu (17/4).

Menurut Amin, salah satu penyebab penularan HIV/AIDS masih tinggi karena seseorang tidak mengetahui dirinya telah terkena penyakit mematikan tersebut. Akibatnya, ia tidak sadar telah menularkan HIV/AIDS ke pasangannya.

Untuk mengetahui status seseorang sudah terkena atau tidak, caranya hanya dengan melakukan tes HIV/AIDS. Tes ini tidak perlu ditakuti karena akan dirahasiakan oleh petugas. “Jadi saya harap PNS tidak perlu khawati

r, rahasianya aman kok. Yang terpenting setelah dia tahu statusnya harus diobati sebelum penyakit itu jadi parah dan membunuhnya,” terangnya.

Lebih jauh dikatakan Amin, HIV/AIDS apabila tidak diobati akan semakin ganas dan merenggut nyawa penderitanya. Me

skipun diobati, virus tersebut sebenarnya tidak bisa dihilangkan tetapi bisa dikontrol dan tidak menyebar di tubuh. “Kalau dibiarkan penyakit itu bisa membunuh kita, makanya harus diobati biar virusnya bisa dikontrol,” katanya.

Salah satu kelebihan lain P

NS melakukan tes tidak hanya mengetahui status dirinya dan tidak menyebarkan virus mematikan itu ke keluarganya, tetapi upaya tersebut juga untuk memberikan contoh kepada masyarakat banyak. Terlebih lagi di NTB, hanya sedikit masyarakat yang sudah sadar d

an mau melakukan tes HIV/AIDS.

Jutaan masyarakat NTB masih belum sadar pentingnya tes HIV/AIDS. Ini akan membuat penularan virus tersebut akan bebas terjadi. “Kalau sudah tes dan positif terkena, nanti ada petugas yang tetap mendampinginya. Dan tidak perlu

malu kok karena rahasia,” ujar Amin.

Wagub mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk menyadari bahayanya HIV/AIDS. “Begini, kalau masalah PNS di Pemprov NTB nanti kita segera koordinasikan agar semua PNS bisa tes,” kata politisi yang dikenal akrab dengan semua pihak ini.

Dilansir Radar Lombok sebelumnya, KPA NTB mewacanakan untuk melakukan tes HIV/AIDS terhadap semua PNS lingkup Pemprov NTB. Namun rencana tersebut tidak bisa lansung direalisasikan sebelum mendapatkan persetujuan dari Wagub NTB Muhammad Amin. (zwr)

F- H Muhammad Amin

AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK