Taktik Zidane Kalah Barca Bocor ke Publik

eQuator.co.id – Media ternama asal Spanyol, AS menerima sebuah catatan yang berisi gambaran taktik yang digunakan oleh pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane dan tim teknisnya yang membuatnya berhasil menang atas Barca di laga El Clasico akhir pekan lalu.

Namun begitu AS tidak bisa mengonfirmasi jika kertas tersebut merupakan coretan tangan langsung dari Zidane. Namun dalam kop kertas tersebut terlihat logo Real Madrid, hal ini yang bisa jadi indikasi kuat jika kertas ini memang milik Zidane. AS pun menerima catatan ini beberapa jam sebelum laga di mulai.

Di kertas tersebut jelas terlihat jika Zidane menggunakan beberapa taktik dan sangat menekankan tentang permainan dengan pressing tinggi kontra Barca. Zidane juga menginstruksikan para pemainnya untuk secara konstan saling memberikan passing ketika berhasil menguasai bola.

 

Selain itu Zidane juga menekankan pentingnya memotong suplai bola dari lini tengah dengan mematikan Iniesta dan Rakitic yang akan membuat Barca kemudian harus sedikit bermain di sisi sayap. Carvajal dipasang Zidane untuk menjaga Alba sementara Marcelo bertugas menghalagi Alves. Sementara itu Ramos dan Pepe akan menjaga Messi dan Neymar.

Coretan dalam kertas juga menunjukkan Casemiro digunakan Zidane untuk bermain dalam formasi empat pemain bertahan.

Titik penting lainnya adalah untuk menjaga Messi agar tidak masuk terlalu ke dalam ke lini tengah sambil memegang bola. Zidane juga menggunakan taktik marking dan para pemain bertahannya diminta untuk sangat berhati-hati dengan pergerakan diagonal Suarez yang kerap lari dari lini kedua.

Hampir semua taktik itu berhasil diterapkan dalam laga tersebut karena Madrid berhasil tampil lebih dominan ketimbang Barca. Madrid pun akhirnya berhasil menang dengan skor 2-1 untuk pertama kalinya di Camp Nou sejak tahun 2012, demikian rilis laman Sepakbola.Com. (*)