Server KTP Jadi Arang

Pelayanan Disdukcapil Lumpuh Total

LUDES. Kadis Dukcapil Landak, Yohanes Meter saat melihat kondisi kantornya yang sudah terbakar, Minggu (3/4). ANTONIUS

eQuator.co.id – Ngabang-RK. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Landak, Yohanes Meter meminta masyarakat bersabar, lantaran pelayanan di kantornya lumpuh total, pascakebakaran, Jumat (1/4) lalu.

“Kami sudah melaporkan kebakaran ini kepada polisi, untuk menindaklanjuti penyelidikan, terutama penyebab-penyebab sumber kebakaran. Kita juga sudah melaporkan kepada Pak Bupati dan Dirjen Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Dukcapil, setelah itu minta petunjuk pelayanan-pelayanan kepada masyarakat,” ujar Yohanes, Minggu (3/4).

Akibat kebarakan itu, 90 persen peralatan di kantor Disdukcapil ludes, termasuk server pembuatan KTP. “Untuk sementara, kita menunggu langkah-langkah dari pemerintah pusat dan dari Kabupaten Landak. Bagaimana langkah-langkah selanjutnya memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Karena itu, ia memastikan untuk sementara Disdukcapil tak bisa memberikan pelayanan. “Mohon bersabar dan kami tetap berusaha secepat mungkin memulihkan kegiatan ini, karena di kecamatan juga ikut lumpuh tidak bisa memberikan pelayanan karena di kantor induknya sudah rusak,” terang Yohanes.

Ditik, warga Landak, mengaku pasrah dengan terjadi kebakaran di kantor Disducapil. Padahal pada Kamis (31/3) ia sudah menyerahkan berkas untuk pembuatan Kartu Keluarga (KK).

“Padahal KK itu mau di perlukan cepat. Tapi saya pasrahlah mau gimana lagi. Hanya tinggal bagaimana proses selanjutnya saya akan buat baru lagi,” tuturnya.

 

Laporan: Antonius

Editor: Kiram Akbar