eQuator – Jakarta-RK. Google mengumumkan secara serentak di 70 negara mengenai kata kunci (keyword) terpopuler sepanjang 2015. Kata kunci dipilah dalam 10 kategori.
Antara lain; Penelusuran Terpopuler, Peristiwa Nasional, Peristiwa Internasional, Tokoh, Selebriti, Apa itu…, Resep, Film Indonesia 2015, Gadget dan Game.
Khusus di Indonesia, situs pencarian itu menambah kategori baru untuk tahun ini. Yaitu Meme, Mode & Kecantikan serta Bagaimana Cara.
Head of Consumer & YouTube Communications Google Indonesia, Putri Silalahi mengatakan, laporan yang bertajuk “Years in Search” tersebut didasarkan pada penelusuran dengan trafik tertinggi yang terjadi pada periode tertentu.
”Masyarakat Indonesia ini sangat luar biasa rasa ingin tahunya. Ketika ada suatu peristiwa terjadi, mereka langsung searching (melakukan pencarian),” ucap Putri, saat konferensi pers Years in Search 2015 di Jakarta, Rabu (16/12) lalu.
“Contohnya, ketika Almarhum Olga Syahputra meninggal, itu trafik dengan kata Olga langsung naik, kemudian lanjut lagi penyebab meninggalnya Olga karena Meningitis, mereka cari tuh Meningitis itu apa. Jadi berlanjut terus,” ulasnya.
Nah, untuk penelusuran terpopuler, Batu Akik rupanya menyita banyak perhatian masyarakat di Tanah Air.
Terbukti, fenomena tersebut menduduki peringkat pertama terpopuler di situs pencarian Google. Sementara di urutan kedua ada Go-Jek dan disusul Kue Cubit. (jpnn)