286 Mahasiswa Unka Sintang Terjun ke 13 Desa

295
PELEPASAN. Ratusan Mahasiswa Unka Sintang yang akan mengikuti PPMPM dilepas di halaman kampus, Selasa (24/11). Achmad Munandar-RK.

eQuator – Sintang-RK. Untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperolehnya di bangku kuliah, 286 mahasiswa Universitas Kapuas (Unka) Sintang mengikuti Pelaksanaan Pengabdian Mahasiswa Pada Masyarakat (PPPMPM) selama 14 hari.

“Ada 13 desa yang menjadi sasaran mahasiswa dalam kegiatan ini,” kata Milton Crosby, Penjabat (Pj) Rektor Unka Sintang usai melepas mahasiswa PPMPM tersebut di halaman Unka Sintang, Selasa (24/11).

Selain mengaplikasikan teori yang diperolehnya di bangku kuliah ke dalam kehidupan yang sesungguhnya, Milton juga berharap, para mahasiswa tersebut membantu perangkat desa dalam menjalankan tugasnya. “Mereka diharapkan membantu pemerintahan desa dalam berbagai macam pekerjaan,” pintanya.

Milton menjelaskan, 286 mahasiswa yang diterjunkan di 13 Desa di Kabupaten Sintang ini untuk mengabdi kepada masyarakat. “Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan setiap mahasiswa sebagai agent of change (agen perubahan),” terangnya.

Dia mengingatkan, Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan pilar dasar dari pola pikir dan menjadi kewajiban bagi mahasiswa sebagai kaum intelektual. “Mahasiswa adalah ujung tombak perubahan bangsa kita ke arah yang lebih baik,” kata Milton.

Selain untuk mengabdi kepada masyarakat, kata Milton, keberadaan ratusan mahasiswa di 13 desa ini diharapkan mampu menarik minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Kegiatan ini sekaligus mempromosikan Unka Sintang ke masyarakat. Unka Sintang ini sudah memenuhi standar, jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh kuliah sampai ke luar daerah,” ujar Milton.

Sementara itu, 286 mahasiswa Unka Sintang yang diterjunkan di 13 desa itu nampak bersemangat. Beberapa program sosial pun telah mereka rencanakan dengan matang. (Adx).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here