2019, Berharap Bangun Jalur Kereta Api di Sanggau

PH: Sudah Ada Tanda-tandanya

18
Poulus Hadi, S.IP, M.Si

eQuator.co.id – Sanggau-RK. Pembangunan jalur kereta api di Kabupaten Sanggau terus ditunggu-tunggu masyarakat. Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengungkapkan konsultan dari Kementerian Perhubungan sudah datang ke Sanggau untuk memastikan titik-titik jalurnya.

“Mereka ingin memastikan kalau kira-kira dibangun kereta api di Sanggau ini dimana. Sudah kita diskusikan. Informasinya sudah ada desainnya. Bahkan dengan perkiraan nilai anggarannya. Kita dorong ini, melalui provinsi tentunya,” ungkapnya kepada wartawan, belum lama ini.

Rencananya, untuk tahap awal jalur kereta api tersebut Sanggau-Pontianak. Baru nanti dilanjutkan ke daerah hulu dan trans Kalimantan. Orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu berharap, rencana tersebut dapat ditindaklanjuti Gubernur Sutarmidji. “Sudah ada titik yang mereka (Kementerian) usulkan dan kita sarankan. Desainnya. Kemarin sih informasinya secepatnya. Tapi ini kan tergantung prioritas keuangan negara. Saya berpikirian mudah-mudahan tahun 2019.  Tapi kita lihat lah, karena kewenangannya ada di pusat. Tapi sudah ada tanda-tanda. Sudah prioritas kita ini,” bebernya.

Adanya jalu kereta api akan berdampak siginifikan bagi kemudahan dan kecepatan transportasi. Diharapkan disparitas harga barang antara Pontianak sebagai ibukota dan Kabupaten Sanggau dapat ditekan.

“Kita mungkin sekarang ini, kalau naik kendaraan empat atau tiga setengah jam, dengan kereta api dengan urusan cepat saya kira bisa satu jam,” tuturnya.

Harapan akan jalur kereta api segera dibangun juga diutarakan masyarakat Sanggau. Sunardi mengatakan kelancaran transportasi menjadi faktor utama dalam suplai barang maupun jasa. “Semakin sulit transportasi, semakin mahal harga-harga barang. Begitu juga sebaliknya,” katanya.

Adanya jalur kereta api juga akan mempercepat transportasi publik. Pasalnya, hingga saat ini di Kabupaten Sanggau hanya mengandalkan jalur darat. Baginya, kereta api menjadi alternatif yang paling baik. “Di tempat kita (Sanggau) kan belum ada jalur udara. Untuk tingkat kabupaten, baru ada di Ketapang, Kapuas Hulu dan Sintang,” kata pengusaha sawit ini.

Sebagai putra asli Sanggau, Apung, sapaan akrabnya, memandang adanya jalur kereta api juga sebagai bentuk pemerataan pembangunan. “Indonesia tak hanya pulau Jawa. Kita di sini juga ingin ada jalur kereta api. Semoga ini cepat terealisasi,” pungkas Caleg dari Partai Gerindra ini.

 

Laporan: Kiram Akbar